PERAN “KANTIN KEJUJURAN” DALAM PENDIDIKAN AKHLAK PADA SISWA DI MTsN 2 KOTA KEDIRI

PUTRI, TRIA MUSLIMAWATI ISKANDAR (2018) PERAN “KANTIN KEJUJURAN” DALAM PENDIDIKAN AKHLAK PADA SISWA DI MTsN 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111714_Pra Bab.pdf

Download (425kB)
[img] Text
932111714_BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
932111714_BAB II.pdf

Download (233kB)
[img] Text
932111714_BAB III.pdf

Download (108kB)
[img] Text
932111714_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
932111714_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
932111714_BAB VI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
932111714_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

Kata Kunci: Kantin Kejujuran dan Pendidikan Akhlak Pendidikan merupakan sarana latihan untuk membangkitkan nafsu-nafsu rubbubiyah (ketuhanan) dan meredam ataumenghilangkan nafsu-nafsu syaithaniyah. Dalam pendidikan peserta didik dikenalkan atau dilatih mengenai perilaku (akhlakul karimah atau mahmudah) seperti jujur, rendah hati, sabar dan lain sebagainya. Fokus pada penelitian ini adalah: 1). Bagaimana kantin kejujuran di MTsN 2 Kota Kediri, 2). Bagaimana metode pendidikan akhlak melalui Kantin Kejujuran di MTsN 2 Kota Kediri 3). Apa faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan program kantin kejujuran di MTsN 2 Kota Kediri. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis pendekatan deskriptif, teknik yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Kesimpulan dari penelian ini adalah: 1). Kantin kejujuran adalah sebuah tempat dijualnya makanan dan minuman seprti yang ada di kantin pada umumnya namun tanpa ada penjagaan, siswa mengambil makanan atau minuman sendiri dan memasukkan uang kedalam kotak, 2). Metode pendidikan dalam kantin kejujuran menggunakan metode pembiasaan dan metode keteladanan, 3). Faktor pendukung penerapan kantin adalah kejujuran, dan motivasi positif siswa. Faktor penghambat adalah kesadaran berbuat baik, kejujuran yang masih terhitung rendah, dan karakter bawaan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 14 Jul 2020 02:46
Last Modified: 14 Jul 2020 02:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item