Pengaruh Perhatain Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI di SMA N 6 Kota Kediri

Dilla, Fajar (2019) Pengaruh Perhatain Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas XI di SMA N 6 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Prabab.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)

Abstract

Orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar anak. Dalam suatu teori juga disebutkan bahwa pendidikan yang dini adalah pendidikan keluarga. Sehingga pendidikan pertama yang kita dapatkan ialah pendidikan dari orang tua. Terkadang orang tua tidak menyadari betapa pentingnya hal tersebut, ia beranggapan bahwa asalkan ia dapat menyekolahkan anaknya saja itu sudah cukup. Selain itu juga adanya perkembangan teknologi, anak cenderung bermalas-malasan, sehingga perlu adanya motivasi belajar agar prestasi belajar tetap baik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh dari perhatian orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMAN 6 Kota Kediri, 2) pengaruh dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMAN 6 Kota Kediri, 3) mengetahui pengaruh dari perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMAN 6 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitaf dan jenis penelitian adalah penelitian korelasi dengan sampel sebanyak 103 orang respoden. Metode pengumpulan data menggunakan quesioner atau angket dan dokumentasi. Untuk uji hipotesis peneliti menggunakan rumus analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS versy 23 atau dengan korelasi product moment dan juga multiple correlation atau korelasi ganda. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) perhatian orang tua memberi pengaruh sebesar 9,3% terhadap prestasi belajar PAI dan 90,7% lainnya disebabkan oleh faktor lain, hal tersebut dibuktikan dengan nilai t(hitung) lebih besar dibandingkan dengan ttabel yakni 3,218>1,660 dengan kesimpulan Ho ditolak, 2) motivasi belajar memberi pengaruh sebesar 4,6% terhadap prestasi belajar PAI dan 95,4% lainnya disebabkan oleh faktor lain, yang di buktikan dengan t(hitung) lebih besar dibandingkan t(tabel) yakni 2,211>1,660 dengan kesimpulan Ho di tolak dan Ha diterima, dan 3) secara simultan perhatian orang tua dan motivasi belajar memberi pengaruh sebesar 9,9% terhadap prestasi belajar PAI dan 90,1% lainnya disebabkan oleh faktor lain, dengan di buktikan F(hitung) lebih besar dibandingkan F(tabel) yakni 5,509>3,087 dengan kesimpulan Ho di tolak dan Ha diterima, dimana artinya terdapat pengaruh antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Apr 2024 03:09
Last Modified: 22 Apr 2024 03:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12429

Actions (login required)

View Item View Item