Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kitab Tausyih ‘Ala Ibnu Qasim di MTs al-Mahrusiyah

Hidayati, Maidina Nur (2015) Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kitab Tausyih ‘Ala Ibnu Qasim di MTs al-Mahrusiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1 Prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (368kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (124kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
18. BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam era zaman sekarang, banyak bermunculan problem-problem di masyarakat, terlebih dalam urusan agama. Peserta didik dengan usia yang masih remaja sangat rentan untuk menerima hal-hal positif maupun negatif. Hal ini memerlukan upaya pembelajaran yang mendetail agar peserta didik dapat mengatasi permasalahan-permasalah yang muncul agar tidak semakin berkembang ke masyarakat luas. Oleh karena itu di MTs al-Mahrusiyah pembelajaran fiqih menggunakan kitab tausyih ‘ala ibnu qasim yang mana isi yang terkandung di dalamnya lebih mendetail daripada pembahasan yang terdapat di dalam buku paket untuk membekali pengetahuan peserta didik agar dapat dapat meluruskan permasalahan-permasalan yang muncul di masyarakat agar tidak menyebar luas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang berada di MTs al-Mahrusiyah. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi serta dokumentasi yang akan dilanjutkan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang sudah diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan kedalaman observasi dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kitab tausyih ‘ala ibnu qasim memiliki tiga tahapan yaitu: pembelajaran dengan buku paket, memberi kesempatan siswa untuk bertanya, dan pembelajaran dengan kitab tausyih ‘ala ibnu qasim. Selain itu hasil belajar siswa setelah menggunakan kitab tausyih ‘ala ibnu qasim mengalami peningkatan yaitu: 21,4% siswa memperoleh nilai >92 atau berkualitas sangat baik, 46,4% siswa memperoleh nilai di antara >81-91 atau berkualitas baik, 21,4% siswa memperoleh nilai di antara > 70-80 atau berkualitas cukup, dan 10,7% siswa yang tidak tuntas yang dilihat dari penilaian kognitifnya. Sedangkan dari penilaian afektif siswa mulai berkembang dengan baik dalam hal berinteraksi dengan teman sebayanya dan para pendidik disana. Sedangkan penilaian menurut ranah psikomotorik, siswa memperoleh prosentasi 71,4% siswa memperoleh nilai di antara 81-91 atau berkualitas baik atau terampil, 17, 85% siswa memperoleh nilai di antara 70-80 atau berkualitas terampil, dan 10,7% siswa yang tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Apr 2024 02:21
Last Modified: 22 Apr 2024 02:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12415

Actions (login required)

View Item View Item