Alvina, Isma (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan shalat berjamaah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
SAMPUL DAN HALAMAN asl.pdf Download (128kB) |
|
Text
MOTTO SRKIPSI asl.pdf Download (212kB) |
|
Text
DAFTAR ISI asl.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB I asl.pdf Download (299kB) |
|
Text
BAB II asl.pdf Download (362kB) |
|
Text
BAB III asl.pdf Download (269kB) |
|
Text
BAB IV asl.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Text
BAB V asl.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Text
BAB VI asl.pdf Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA asl.pdf Download (222kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Shalat berjamaah di sekolah merupakan suatu keharusan yang dilakukan oleh semua masyarakat sekolah, salah satunya yaitu siswa. Pada kenyataannya banyak siswa yang masih belum menyadari arti pentingnya shalat berjamaah yang menjadikan tidak terampilnya dalan menunaikan ibadah shalat berjamaah di sekolah. Tentunya masalah tersebut tidak lepas dari peran seorang guru di sekolah. Dalam penelitian ini membahas secara rinci dan detail mengenai peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan keaktifan shalat berjamaah siswa dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana usaha guru PAI dalam meningkatkan keaktifan shalat berjamaah siswa di SMAN 4 Kediri? 2) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan keaktifan shalat berjamaah di SMAN 4 Kediri? Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan pengumpulan data diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Kemudian teknik analisis data di lakukan dengan cara reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan keaktifan shalat berjamaah siswa meliputi: 1. guru berperan sebagai pembimbing kepada siswa. 2. guru sebagai pemberi keteladanan terhadap siswa. 3. Selanjutnya guru sebagai pemberi nasihat kepada seluruh siswa. Adapun faktor yang dapat mendukung selama kegiatan shalat berjamaah berlangsung diantaranya yaitu adanya kerjasama antara guru PAI dan guru umum yang baik, Kemudian dari mayoritas siswa kesadaran yang tinggi. Adapun kendala/penghambat yang dihadapi guru yaitu kurangnya fasilitas sarana dan prasarana serta keterbatasan waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 06:15 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 06:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12397 |
Actions (login required)
View Item |