Khofiddiyah, Ma'rifatul (2023) Implementasi Pembelajaran Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Siswa Di MI Miftahul Huda Tinalan Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932106419_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932106419_bab1.pdf Download (632kB) |
|
Text
932106419_bab2.pdf Download (679kB) |
|
Text
932106419_bab3.pdf Download (694kB) |
|
Text
932106419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932106419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
Text
932106419_bab6.pdf Download (237kB) |
|
Text
932106419_daftarpustaka.pdf Download (3MB) |
|
Text
932106419_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (432kB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan, kini sedang digalakkan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). Berbeda dengan Madrasah lain yang hanya melakukan pembelajaran BTQ pada satu waktu, MI Miftahul Huda Tinalan Kota Kediri melakukan pembelajaran pada dua waktu sekaligus, yakni pada jam pembelajaran dan bimbel BTQ yang dilaksanakan pulang sekolah. Sehingga membuat lulusan MI Miftahul Huda Tinalan Kota Kediri mampu membaca dan menulis Al-Qur’an. Oleh karena itu, maka penulis melakukan penelitian mengenai (1) Bagaimana penerapan pembelajaran Metode Ummi dalam meningkatkan kualitas BTQ siswa di MI Miftahul Huda Tinalan Kota Kediri, (2) Bagaimana hasil pembelajaran Metode Ummi dalam meningkatkan kualitas BTQ siswa di MI Miftahul Huda Tinalan Kota Kediri, (3) Apa faktor penghambat dan pendukung pembelajaran Metode Ummi dalam meningkatkan kualitas BTQ siswa di MI Miftahul Huda Tinalan Kota Kediri.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.Hasil penelitian yang didapatkan tentang implementasi pembelajaran Metode Ummi dalam meningkatkan kualitas Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) siswa di MI Miftahul Huda Tinalan Kota Kediri yaitu : 1) Perencanaan pembelajaran dilakukan sebelum implementasi hanya dilakukan oleh guru. Pelaksanaan implementasi pembelajaran Metode Ummi di MI Miftahul Huda Tinalan Kota Kediri dilakukan dalam dua waktu yaitu dalam jam sekolah dan di luar jam sekolah. 2) Hasil dari implementasi pembelajaran Metode Ummi dalam meningkatkan kualitas BTQ siswa di MI Miftahul Huda Tinalan Kota Kediri adalah semakin terstrukturnya proses belajar mengajar BTQ, menambah semangat siswa dalam belajar BTQ, mempermudah evaluasi dan monitoring kemampuan siswa. Evaluasi dalam BTQ di MI Miftahul Huda Tinalan Kota Kediri dilakukan dua kali. Pertama dilakukan secara harian dan dilakukan setelah siswa selesai satu jilid. 3) Faktor yang menghambat dalam pelaksanaan implementasi pembelajaran Metode Ummi dalam meningkatkan kualitas BTQ siswa di MI Miftahul Huda Tinalan Kota Kediri adalah kurangnya fasilitas jilid yang dimiliki siswa, semangat dari siswa dan dorongan dari orang tua juga masih kurang. Sedangkan faktor yang mendukung pelaksanaan implementasi pembelajaran Metode Ummi dalam meningkatkan kualitas BTQ siswa di MI Miftahul Huda Tinalan Kota Kediri adalah tersedianya alat peraga yang lengkap, semangat dari tenaga pengajar dan semangat dari siswa untuk bisa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ma'rifatul Khofiddiyah |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 06:26 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 06:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12394 |
Actions (login required)
View Item |