Evaluasi Program Ekstrakurikuler SKI (Sie Keagamaan Islam) Dengan Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP) Di MAN 1 Kota Kediri

ULIYAH, NADLIROTUL (2019) Evaluasi Program Ekstrakurikuler SKI (Sie Keagamaan Islam) Dengan Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP) Di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1. PRA BAB.pdf

Download (498kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf

Download (212kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
7. BAB 6.pdf

Download (157kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

Evaluasi merupakan proses menilai sesuatu berdasarkan kriteria atau tujuan yang telah ditetapkan, kemudian diambil keputusan atas objek yang dievaluasi. Untuk mengetahui apakah suatu program itu telah mencapai tujuan yang sudah ditetapkan atau belum, maka perlu dilakukan evaluasi untuk mengatahui hasilnya. Dengan evaluasi yang baik, dan menyeluruh akan mengetahui apakah yang diinginkan dari sebuah program kegiatan. Skripsi ini membahas tentang evaluasi program ekstrakurikuler SKI (sie keagamaan islam) dengan menggunakan model context, input, process, product (CIPP) di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program ekstrakurikuler SKI. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Apa program kegiatan keagamaan yang direncanakan ekstrakurikuler SKI di MAN 1 Kota Kediri. (2) Bagaimana pelaksanaan program ekstrakurikuler SKI di MAN 1 Kota Kediri. (3) Bagaimana efektifitas program ekstrakurikuler SKI di MAN 1 Kota Kediri. Dimana untuk mengetahui efektifitas dari sebuah program maka perlu dilakukan evaluasi, evaluasi ini terdiri dari: 1. Evaluasi konteks 2. Evaluasi input 3. Evaluasi proses dan 4. Evaluasi produk Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk evaluasi program model CIPP dengan mengevaluasi tiap komponen context, input, process, dan product. Sumber data penelitian adalah waka kurikulum, waka kesiswaan, guru pembina ekstrakurikuler SKI serta siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler SKI, dan untuk penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Kediri. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Untuk analisis data dilakukan dengan tiga tahapan: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) kegiatan yang direncanakan oleh SKI ada bermacam-macam diantaranya sholat dhuha dan dzuhur, tadarus Al-Qur’an, pidato/kultum, pembahasan materi ubudiyah, tahlil dan diskusi, khatmil Qur’an, isra’ mi’raj, maulid nabi, idul adha dan rihlah/ziarah Wali. (2) Untuk pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler SKI terbagi menjadi empat, yaitu pada program harian, program mingguan, program bulanan dan program tahunan. (3) Lalu untuk efektifitas program ekstrakurikuler SKI dapat dilihat dari hasil evaluasi yang menggunakan model CIPP, dimana secara umum dapat dikategorikan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:50
Last Modified: 18 Apr 2024 05:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12391

Actions (login required)

View Item View Item