Pengaruh Konsentrasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Menghafal Qur`An Pada Remaja Di Kuttab Abdullah Bin Mas’ud

Wati, Mia Rohma (2023) Pengaruh Konsentrasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Menghafal Qur`An Pada Remaja Di Kuttab Abdullah Bin Mas’ud. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104717_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104717_bab1.pdf

Download (500kB)
[img] Text
932104717_bab2.pdf

Download (826kB)
[img] Text
932104717_bab3.pdf

Download (753kB)
[img] Text
932104717_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
932104717_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text
932104717_bab6.pdf

Download (350kB)
[img] Text
932104717_daftarpustaka.pdf

Download (456kB)
[img] Text
932104717_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ROHMA, MIA WATI, Dosen Pembimbing Ummiy Fauziyah Laili, M.Si dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd. Pengaruh Konsentrasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Menghafal Qur`An Pada Remaja Di Kuttab Abdullah Bin Mas’ud. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Konsentrasi, Kecerdasan Emosional, dan Kemampuan Menghafal Qur`an Kemampuan menghafal Qur`an sendiri memiliki beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya yaitu ada faktor internal dan eksternal. Konsentrasi dan kecerdasan emosional memiliki pengaruh terhadap kemampuan menghafal Qur`an. Dalam penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh konsentrasi terhadap kemampuan menghafal Qur`an pada Remaja di Kuttab Abdullah Bin Mas’ud, pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal Qur`an pada Remaja di Kuttab Abdullah dan pengaruh konsentrasi dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal Qur`an pada Santri di Kuttab Abdullah Bin Mas’ud Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi santri Kuttab Abdulah Bin Mas’ud dengan sejumlah sampel sebanyak 40 santri. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan jenis non probability sampling. Sedangkan intrumen yang digunakan yaitu menggunakan angket. Teknis analis penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda dengan menggunakan alat Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 25. Hasil yang telah diperoleh pada penelitian ini yaitu 1) adanya pengaruh antara konsentrasi terhadap kemampuan menghafal Qur`an pada remaja di Kuttab Abdullah Bin Mas’ud. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai signifikan 0,022 < 0,05. Dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. 2) adanya pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal Qur`an pada remaja di Kuttab Abdullah Bin Mas’ud. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai signifikan 0,015 < 0,05. Dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. 3) adanya pengaruh antara konsentrasi dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal Qur`an pada remaja di Kuttab Abdullah Bin Mas’ud. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05. Koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,620 sedangkan koefisien determinasi sebesar 0,385. Dapat disimpulkan bahwa konsentrasi, kecerdasan emosional berpengaruh terhadap variabel kemampuan menghafal sebesar 38,5%. Sedangkan sisanya 61,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MIA ROHMA WATI
Date Deposited: 05 Apr 2024 03:34
Last Modified: 05 Apr 2024 03:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12374

Actions (login required)

View Item View Item