Adab Berperilaku Dalam Kitab Syair Mitra Sejati Karya KH. Bisri Musthofa dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter

PRATAMA, YAYAN ARIF (2019) Adab Berperilaku Dalam Kitab Syair Mitra Sejati Karya KH. Bisri Musthofa dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab.pdf

Download (258kB)
[img] Text
12.pdf

Download (458kB)
[img] Text
345.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
6dp.pdf

Download (243kB)

Abstract

Dalam proses pendidikan, pembentukan karakter memang terbilang sulit untuk dapat dilaksanakan secara cepat, langsung, dan menyeluruh, karena perilaku tiap individu yang berbeda. Oleh karena itu, dalam proses tersebut perlu adanya jembatan penghubung untuk memberi pemahaman diri yang baik, yaitu dengan sebuah karya sastra yang berupa syair. Syair berfungsi sebagai media pembelajaran, hiburan, dan nasehat. Banyak syair yang mengandung unsur pendidikan salah satunya adalah syair Mitra Sejati karya KH. Bisri Musthofa. Syair ini membahas tentang budi pekerti yang populernya disebut karakter dan mengandung seruan moral bagi anak-anak yang beranjak dewasa, seperti tata krama kepada orang tua, guru dan lain sebagainya. Rumusan masalah yang akan dibahas adalah 1) Bagaimana adab berperilaku terhadap diri sendiri dan keluarga yang terkandung dalam kitab syair Mitra Sejati? 2) Bagaimana adab berperilaku terhadap masyarakat, teman dan lingkungan sekolah yang terkandung dalam kitab syair Mitra Sejati? 3) Bagaimana adab berperilaku terhadap bagsa yang terkandung dalam kitab syair Mitra Sejati? 4) Bagaimana relevansi adab berperilaku tersebut dalam kitab syair Mitra Sejati terhadap Pendidikan karakter? Untuk menjabarkan dan menjawab rumusan masalah diatas penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Metode analisis data yang digunakan adalah: Analisis Deskriptif dan Content Analysis. Teknik analisis ini merupakan kesimpulan yang shahih dari sebuah buku atau dokumen, juga merupakan teknik untuk menemukan karakteristik pesan, yang mana dalam penggarapannya dilakukan secara objektif dan sistematis. Selanjutnya teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan cara mengumpulkan literatur yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya adab berperilaku dalam kitab syair Mitra Sejati itu relevan dengan 18 nilai pendidikan karakter yang dirumuskan oleh kemendiknas. Hasil penelitian relevansi antara adab berperilaku dalam kitab syair Mitra Sejati dengan Pendidikan karakter diantaranya adalah: Dalam syair Mitra Sejati ada adab berperilaku diantaranya yaitu ajaran untuk bekerja keras dalam hal apapun (bekerja ataupun mencari ilmu), berdo’a dan bersyukur sebelum dan sesudah makan, dll. Ini sejalan atau relevan dengan nilai pendidikan karakter yang dirumuskan kemendiknas yaitu pada nilai karakter kerja keras dan religius. Yang mana telah dijelaskan pada tabel nilai pendidikan karakter sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:23
Last Modified: 04 Apr 2024 06:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12370

Actions (login required)

View Item View Item