Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mencegah Aksi Bullying Terhadap Siswa Kelas XI Jurusan TSM di SMK YP 17 Pare

Fadzilah, Nasikhah Darul (2019) Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mencegah Aksi Bullying Terhadap Siswa Kelas XI Jurusan TSM di SMK YP 17 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (101kB)
[img] Text
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)

Abstract

Bullying merupakan tindak kekerasan ataupun pelecehan yang dilakukan seseorang maupun kelompok yang memiliki kekuasaan atau kekuatan untuk melakukan kekerasan terhadap pihak lain secara sengaja maupun tidak sengaja. Bentuk tindakan bullying diantaranya bullying verbal, fisik, non-fisik, dan mental/psikologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya bullying terhadap siswa kelas XI jurusan TSM di SMK YP 17 Pare, (2) mengetahui bentuk bentuk bullying pada siswa kelas XI TSM di SMK YP 17 Pare, (3) mengetahui sstrategi nilai-nilai pendidikan agama Islam dan pendidikan karakter dalam mencegah aksi bullying pada siswa kelas XI TS di SMK YP 17 Pare, (4) mengetahui usaha solutif yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi aksi bullying terhadap siswa kelas XI TSM di SMK Yp 17 Pare. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) faktor penyebab aksi bullying adalah lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat, (2) bentuk bullying yang terjadi pada siswa kelas XI TSM di SMK Yp 17 Pare adalah memukul, mengolok-olok, dan mengancam, (3) strategi integrasi pendidikan agama Islam dan Pendidikan karakter dengan konsep konseptual, konsep institusional, konsep arsitektual (4) usaha solutif yang dilakukan guru PAI adalah dengan melakukan pendekatan emosional.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:58
Last Modified: 04 Apr 2024 03:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12364

Actions (login required)

View Item View Item