NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN MAMBA‟UL MA‟ARIF DENANYAR JOMBANG

Nuha, Muhammad Irfan Ulin (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN MAMBA‟UL MA‟ARIF DENANYAR JOMBANG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
prabab.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena-fenomena yang nampak menyangkut nilai�nilai pendidikan multikultural terdapat di lingkungan Pondok Pesantren Mamba‟ul Ma‟arif Denanyar Jombang. Sebagaimana diketahui bahwa pondok pesantren Mamba‟ul Ma‟arif telah berkomitmen dalam memegang nilai-nilai pesantren, dan dijadikan sebagai dasar pijakan perilaku pesantren. Nilai-nilai pesantren tersebut secara jelas tertulis dan dirumuskan dengan term nilai-nilai kejiwaan pondok pesantren. Sementara pondok pesantren Mamba‟ul Ma‟arif di dalam misinya terdapat nilai-nilai Islam ahl al-sunnah wa al-jamaah sebagai dasar memberikan keteladanan dalam kehidupan. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan dan menganalisis tentang nilainilai pendidikan multikultural yang ada di Pondok pesantren Mamba‟ul Ma‟arif Denanyar Jombang dengan fokus kajiannya mancakup: (1) Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural; (2) Implementasi Pendidikan Multikultural. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri sebagai key instrument, sedangkan untuk menentukan sumber data manusia menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara; (1) wawancara mendalam; (2) observasi berperanserta; dan (3) dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan teknik deskriptif yang penerapannya dilakukan dalam tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk mengetahui kredibilitas data, dilakukan dengan berbagai teknik, yaitu (1) triangulasi; (2) pengecekan sejawat; dan (3) pengecekan anggota (member check). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, nilai-nilai pesantren yang diterapkan pondok pesantren Mamba‟ul Ma‟arif sarat akan nilai-nilai pendidikan multikultural, yaitu: nilai toleransi, nilai demokrasi, nilai kesetaraan, dan nilai keadilan. Kedua, Implementasi penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural di pondok pesantren Mamba‟ul Ma‟arif terpolakan menjadi dua, yaitu multicultural knowing dan multicultural feeling diberikan melalui kegiatan-kegiatan keseharian, di antaranya: disiplin dalam salat berjamaah, disiplin masuk kelas, disiplin berpakaian, disiplin berbahasa, disiplin bermukim di asrama, disiplin belajar dan membaca disiplin waktu dan disiplin berolahraga.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:26
Last Modified: 04 Apr 2024 03:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12359

Actions (login required)

View Item View Item