Pengaruh Self Efficacy Akademik dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Plemahan

HADI, ANA RAHMATIKA FATMA (2019) Pengaruh Self Efficacy Akademik dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Plemahan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
Halaman depan dan bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
dp.pdf

Download (79kB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan perubahan pada diri seseorang setelah melalui proses belajar. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar salah satunya adalah self efficacy akademik. Kunci dalam meraih keberhasilan yakni pada keyakinan. Selain itu, kesuksesan penampilan seorang individu selalu dikaitkan dengan motivasi. Motivasi belajar yang dimiliki peserta didik pada setiap kegiatan pembelajaran sangat berperan untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Peserta didik akan berhasil dalam belajar apabila dalam dirinya ada keinginan untuk belajar. permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana self efficacy akademik siswa di SMAN 1 Plemahan (2) Bagaimana motivasi belajar siswa di SMAN 1 Plemahan (3) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Plemahan (4) Adakah pengaruh self efficacy akademik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Plemahan (5) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Plemahan (6) Adakah pengaruh self efficacy akademik dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Plemahan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, adapun sampel berjumlah 165 responden. Jenis penelitian adalah pendekatan kuantitatif non eksperimental (korelasi). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Sedangkan dalam penelitian ini, metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Self efficacy akademik siswa kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri termasuk dalam kategori sedang. Motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri termasuk dalam kategori sedang. Prestasi belajar siswa kelas XI SMAN 1 Plemahan Kediri termasuk dalam kategori sedang. Terdapat pengaruh self efficacy akademik (X1) terhadap prestasi belajar (Y). Berdasarkan perhitungan tabel ANOVA (Uji F) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,037 yang jauh lebih rendah dari alpha sebesar 0,05. Terdapat pengaruh motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y). Berdasarkan perhitungan tabel ANOVA (Uji F) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,005 yang lebih rendah dari alpha sebesar 0,05. Terdapat pengaruh antara self efficacy akademik (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,007 yang lebih rendah dari alpha sebesar 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model regresi ini yaitu self efficacy akademik dan motivasi belajar secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:26
Last Modified: 28 Mar 2024 02:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12323

Actions (login required)

View Item View Item