Implementasi Standar Proses dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Islam 1 Blitar tahun ajaran 2017/2018

FARHAN, MUHAMMAD DENI (2019) Implementasi Standar Proses dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Islam 1 Blitar tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya sumber daya manusia yang perlu ditingkatkan guru dalam membangun peserta didik dalam ranah mengembangkan potensi sumber daya yang dimiliki peserta didik agar bisa dikembangkan. Perlunya seorang guru dalam menguwasai Standar proses. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi Standar Proses dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islam 1 Blitar. Dengan Fokus Penelitian yaitu : 1) Bagaimana perencanaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Islam 1 Blitar ?, 2) Bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Islam 1 Blitar ?, 3) Bagaimana penilaian hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Islam 1 Blitar ?, 4) Bagaimana pengawasan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Islam 1 Blitar ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah studi khasus. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya menggunkan tahapan : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknis pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu : ketekunan pengamatan, pengecekkan anggota, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi Standar Proses dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Islam 1 Blitar, sebagai berikut : 1) Dalam Perencanaan guru harus menyusun Prota, Promes, Silabus dan RPP, guru diberikan pelatihan worshop dalam membuat RPP secara bersama-sama dengan diawasi oleh pengawas. 2) Guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan proses pembelajaran telah memenuhiketentuan pendekatan saintifik,langkang-langkah dalam kegiatan pembelajaran menggunakan 5M, 3) Penilaian Hasil Pembelajaran sudah menggunakan pendekatan penilaian otentik (antentic assesment) meliputi penilaian sikap, ketrampilan dan pengetahuan.4) Pengawasan dalam pembelajaran sudah disesuai dengan Standar Proses meliputi kegiatan pemantauan, kegiatan supervisi, kegiatan evaluasi, kegiatan pelaporan, tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:17
Last Modified: 28 Mar 2024 02:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12320

Actions (login required)

View Item View Item