MANAJEMEN KELAS UNGGULAN DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PAI (Studi Kasus Program Kelas Keagamaan Di MTsN 2 Kab. Kediri)

RAHAYU, TRIANA WULANIKA (2018) MANAJEMEN KELAS UNGGULAN DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PAI (Studi Kasus Program Kelas Keagamaan Di MTsN 2 Kab. Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103314_Pra Bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932103314_Bab I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
932103314_Bab II.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932103314_Bab III.pdf

Download (168kB)
[img] Text
932103314_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img] Text
932103314_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
932103314_Bab VI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
932103314_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Kelas Unggulan, Keberhasilan Pembelajaran PAI. Manajemen kelas unggulan adalah pengelolaan yang dilakukan oleh madrasah terhadap kelas unggulan. Pengelolaan tersebut meliputi peserta didik, guru, kurikulum, sarana dan prasarana yang diharapkan mampu memberikan rasa nyaman kepada para peserta didik, sehingga dapat mencapai keberhasilan dalam pembelajaran dan mampu menghasilkan produk atau lulusan secara optimal. Di MTsN 2 Kabupaten Kediri telah melaksanakan manajemen yang baik pada kelas unggulan program keagamaan dengan salah satu tujuannya yaitu untuk menunjang keberhasilan pembelajaran pendidikan agama islam. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti dengan fokus penelitian, yaitu : 1) Bagaimana manajemen pada kelas unggulan di MTsN 2 Kabupaten Kediri, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam pada kelas unggulan di MTsN 2 Kabupaten Kediri, 3) Bagaimana prestasi belajar pendidikan agama islam pada peserta didik kelas unggulan di MTsN 2 Kabupaten Kediri. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data. Tahap akhir dalam penelitian ini adalah melakukan teknik pemeriksaan untuk pengecekan keabsahan data. Teknik pemeriksaan didasarkan pada derajat kredibilitas, untuk membuktikan bahwa apa yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti telah sesuai dengan kenyataan yang ada dalam penelitian. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Manajemen pada kelas unggulan di MTsN 2 Kabupaten Kediri diantaranya yaitu: rekrutmen peserta didik yang unggul, penempatan guru yang profesional, penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran, penerapan kurikulum yang ditambah dengan kegiatan pengembangan diri, serta pelaksanaan ma’had untuk peserta didik kelas unggulan program keagamaan. 2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam pada kelas unggulan lebih banyak menggunakan metode diskusi, tanya jawab, dan presentasi yang didukung dengan fasilitas yang ada sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dan antusias dalam belajar. 3) Prestasi belajar pendidikan agama islam pada peserta didik kelas unggulan lebih unggul daripada kelas reguler yang ditunjukkan dengan nilai raport rata-rata 80 keatas, serta dapat menghafal Al-Qur’an rata-rata 2-4 juz.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 08 Jul 2020 04:35
Last Modified: 08 Jul 2020 04:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1232

Actions (login required)

View Item View Item