Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Manajemen Waktu Santri Ma’had STAIN Kediri

Nurlaili, Eva (2019) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Manajemen Waktu Santri Ma’had STAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab.pdf

Download (195kB)
[img] Text
123.pdf

Download (326kB)
[img] Text
45.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
6 dp.pdf

Download (147kB)

Abstract

Keterampilan manajemen waktu banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor dan diantara faktor tersebut adalah motivasi belajar, motivasi belajar mengambil peranan yang sangat penting dalam semua hal. Akan tetapi motivasi belajar sendiri juga dipengaruhi oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Lingkungan merupakan faktor eksternal yang berperan dalam meningkatkan motivasi belajar bahkan keterampilan manajemennya. Untuk itu penulis tertarik untuk mendalami dan meneliti tentang pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan manajemen waktu santri ma’had STAIN Kediri, dengan rumusan, a) bagaimana motivasi belajar santri ma’had STAIN Kediri? b) bagaimana keterampilan manajemen waktu santri ma’had STAIN Kediri? c) adakah hubungan antara motivasi belajar dengan keterampilan manajemen waktu santri ma’had STAIN Kediri? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian ini adalah santri ma’had yang berjumlah 85 santri. Dalam proses penelitian ini penulis menggunakan pengumpulan dataa dengan metode kuisioner (angket) dan metode dokumentasi. Adapun pada pengujian hipotesis penulis menggunakan analisi data kuantitatif dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian diketahui bahwa motivasi belajar santri ma’had STAIN Kedri termasuk dalam kriteria baik yang diketahui dari nilai rata-rata 68,09, sedangkan untuk keterampilan manajemen waktu santri ma’had STAIN Kediri termasuk dalam kriteria baik yang diketahui dengan nilai rata-rata 65,7. Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan manajemen waktu menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian yaitu didapatkan pengaruh positif dan signifikan sebesar 20,6% antara motivasi belajar dan keterampilan manajemen waktu. Hal ini dapat diketahui berdasarkan sig(2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari pada alpha 0,05. Hasil analisis regresi diatas menunujukkan F hitung sebesar 17,696 yang lebih tinggi dibandingkan dengan F tabel : 3,98 dengan dk v1 dan v2 = 69, yaitu 3,979807 , dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang jauh lebih rendah dari alpha sebesar 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh antara motivasi belajar terhadap keterampilan manajemen waktu santri ma’had STAIN Kediri. Jadi motivasi belajar memegang peranan yang sangat penting dalam memberikan semangat, rasa sayang dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:18
Last Modified: 27 Mar 2024 06:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12314

Actions (login required)

View Item View Item