Efektivitas Metode Usmani Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Masjid Mujahidin Bandar Lor Kota Kediri)

HASANAH, ARIK USWATUN (2019) Efektivitas Metode Usmani Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Masjid Mujahidin Bandar Lor Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab.pdf

Download (497kB)
[img] Text
123.pdf

Download (773kB)
[img] Text
45.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
6 dp.pdf

Download (233kB)

Abstract

Di era globalisasi ini, perkembangan dan kemajuan dalam bidang pendidikan serta kesadaran dan kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi untuk belajar membaca Al-Qur’an, maka diperlukan sebuah metode yang sangat mudah dan praktis untuk dipelajari oleh siapapun. Banyak sekali metode-metode yang digunakan dimasyarakat. Salah satunya adalah metode usmani yang sangat banyak digunakan di lembaga-lembaga yang ada dalam masyarakat. Metode usmani adalah salah satu sarana untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang sesuai dengan makhraj, shifat dan ilmu tajwidnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan metode usmani dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an (studi kasus masjid mujahidin bandar lor kota kediri), (2) Apa faktor apa saja yang mempengaruhi metode usmani dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an (studi kasus masjid mujahidin bandar lor kota kediri), (3) Bagaimana dampak metode usmani dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an (studi kasus masjid mujahidin bandar lor kota kediri). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di Masjid Mujahidin Bandar Lor Kota Kediri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik pengecekan keabsahan data yang digunakannya adalah triangulasi. Hasil penelitian tersebut bahwa: (1) Penerapan metode usmani mayoritas sudah sangat baik, yang ditunjukkan dengan indikator yang digunakan dalam mencapai kualitas belajar membaca Al-Qur’an diantara adalah Mimik wajah ketika belajar membaca Al-Qur’an, Makhorijul huruf, Pemahaman ilmu tajwid, Buku penunjang atau panduan, Tingkatan belajar membaca metode usmani, penerapan metode usmani dalam pembelajaran belajar membaca Al-Qur’an, Jam tambahan murid untuk pembelajaran metode usmani . (2) faktor yang mempengaruhi metode usmani dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an antara lain: Jadwal pelaksanan pembelajaran belajar membaca Al-Qur’an metode usmani, Adaptasi dengan metode usmani, Kondisi peserta didik dalam pembelajaran metode usmani, Adanya alat peraga untuk proses pembelajaran metode usmani, Menggunakan Al-Qur’an Usmani Al-Kuds. (3) Bagaimana dampak metode usmani dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an antara lain: Hasil yang dicapai murid dalam belajar membaca Al-Qur’an metode usmani dan Kondisi sekitar dalam menggunakan metode usmani untuk kualitas belajar membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:12
Last Modified: 27 Mar 2024 06:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12313

Actions (login required)

View Item View Item