Pelaksanaan Pendidikan Akhlak dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri di Pondok Pesantren Muzamzamah Chosyi’ah An’amta, Peterongan, Jombang

Khumaini, Aliyah (2019) Pelaksanaan Pendidikan Akhlak dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri di Pondok Pesantren Muzamzamah Chosyi’ah An’amta, Peterongan, Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
02. PRA BAB.pdf

Download (769kB)
[img] Text
123.pdf

Download (412kB)
[img] Text
45.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
6 dp.pdf

Download (389kB)
[img] Text
04. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan akhlak sangat diperlukan bagi setiap manusia karena di era globalisasi ini banyak dijumpai berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan akhlak. Dan dalam pondok pesantren akan diterapkan pendidikan akhlak yang melalui pendidikan dalam pesantren melalui lembaga pendidikan dan melalui kegiatan harian yang dapat memperbaiki akhlak santri dan dapat meningkatkan kecerdasan spiritual santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem dan strategi pendidikan akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri. Adapun permasalahan penelitian ini adalah bagaimana sistem pendidikan akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri di pondok pesantren Muzamzamah Chosyi’ah An’amta dan bagaimana strategi pendidikan akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual santri di pondok pesantren Muzamzamah Chosyi’ah An’amta Peterongan Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di pondok pesantren Muzamzamah Chosyi’ah An’amta Peterongan Jombang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan empat cara: Satu, melakukan pengumpulan. Dua, reduksi data. Tiga, penyajian data. Ke empat, menyimpulkan data atau memverifikasi data. Dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan melakukan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sistem pendidikan akhlak yang digunakan di pondok pesantren tersebut melalui pendidikan informal di madrasah diniyah dan menggunakan sistem pendidikan salafiyah dengan menggunakan kitab-kitab klasik, dengan sistem ini menjadikan proses pendidikan yang efektif dan efisien. Dan strategi pendidikan akhlak menggunakan strategi pembelajaran, keteladanan, penguatan, dan pembiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:55
Last Modified: 27 Mar 2024 01:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12308

Actions (login required)

View Item View Item