Hubungan Prestasi Belajar Akidah Akhlak dan Dukungan Teman Sebaya dengan Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Sekolah Kelas VIII MTsN 10 Jombang

ADIBA, NAILA (2019) Hubungan Prestasi Belajar Akidah Akhlak dan Dukungan Teman Sebaya dengan Kepatuhan Terhadap Tata Tertib Sekolah Kelas VIII MTsN 10 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100215 pra 123.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932100215 45.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
932100215 6dp.pdf

Download (131kB)
[img] Text
932100215 lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang tidak mematuhi tata tertib sekolah. Padahal tata tertib sudah diberitahukan sejelas mungkin, namun masih terdapat siswa yang belum mematuhinya. Bahwasanya perbuatan ini termasuk dalam pembelajaran akhlak di sekolah, yang tercantum dalam mata pelajaran akidah akhlak. Yang mana pendidikan mengenai akhlak ini dapat mewujudkan manusia yang berakhlak mulia serta menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti seberapa besar hubungan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dan dukungan teman sebaya dengan kepatuhan terhadap tata tertib sekolah kelas VIII MTsN 10 Jombang. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas (X) dan satu variabel terikat (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah prestasi belajar dan dukungan teman sebaya, dan variabel terikatnya adalah kepatuhan terhadap tata tertib. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana diukur dan diwujudkan dalam bentuk angka dan analisa secara statistik. Metode yang digunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara dan dokumentasi digunakan untuk memperkuat data. Metode angket digunakan untuk mengetahui seberapa besar prosentase siswa terhadap kepatuhannya terhadap tata tertib melalui variabel prestasi belajar dan dukungan teman sebaya. Populasi penelitian ini adalah 170 siswa kelas VIII MTsN 10 Jombang. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 114 siswa. pengambilan sampel ditentukan dengan teknik random sampling menurut tabel Issac dan Michael. Hasil penelitian deskriptif mengungkapkan bahwa prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII MTsN 10 Jombang berada pada kategori cukup baik dengan prosentase sebesar 69%. Sedangkan dukungan teman sebaya dan kepatuhan terhadap tata tertib siswa kelas VIII MTsN 10 Jombang juga berada pada kategori cukup baik dengan prosentase sebesar 81% dan 68%. Hasil analisis uji Kendall Tau antara prestasi belajar dan kepatuhan terhadap tata tertib diperoleh tidak ada hubungan yang signifikan, karena hasil taraf signifikansi lebih besar dari 0,05 yakni sebesar 0,219, sedangkan hasil uji Kendall Tau antara dukungan teman sebaya dan kepatuhan terhadap tata tertib diperoleh adanya hubungan antara keduanya. Dan hasil analisis uji Kendall’s W secara simultan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan sebesar 95,7% antara prestasi belajar akidah akhlak dan dukungan teman sebaya dengan kepatuhan terhadap tata tertib sekolah kelas VIII MTsN 10 Jombang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Mar 2024 01:43
Last Modified: 27 Mar 2024 01:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12307

Actions (login required)

View Item View Item