Eksistensi Pondok Pesantren Al-Amien Ngasinan Rejomulyo Kota Kediri Terhadap Dinamika Pendidikan Di Era Digital

SHOIMATIN, VARIKHATUS (2019) Eksistensi Pondok Pesantren Al-Amien Ngasinan Rejomulyo Kota Kediri Terhadap Dinamika Pendidikan Di Era Digital. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I dan II.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

Pondok pesantren telah tumbuh dalam kehidupan masyarakat Indonesia sejak awal, menampilkan wajah wujud eksistensinya selama enam abad (sejak abad ke-15 hingga sekarang), dewasa ini pondok pesantren telah banyak memberikan sumbangsih terhadap negara. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi memunculkan tantangan bagi seluruh yayasan pondok pesantren. Dalam hal ini upaya eksistensi pondok pesantren dalam dinamika pendidikan tentu sangat diperlukan untuk memperbaiki kehidupan dalam aspek pendidikan dan moral para santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara pondok pesantren Al-Amien Ngasinan Rejomulyo Kota Kediri untuk mempertahankan eksistensinya dalam dinamika pendidikan era digital. Penelitian ini bersumber dari data utama para informan yaitu pengurus dan pengasuh pondok pesantren Al-Amien, pengurus sebagai eksekutor sedangkan pengasuh sebagai bagian legislatif adanya kebijakan-kebijakan yang akan diterapkan pondok pesantren Al-Amien Ngasinan Rejomulyo Kota Kediri. Serta penemuan data oleh peneliti secara langsung dalam lokasi penelitian melalui observasi dan dokumentasi yang ada pada pondok pesantren. Hasil penelitian deskriptif mengungkapkan bahwa pondok pesantren mampu eksis dalam dinamika pendidikan era digital. Hasil analisis lapangan menunjukkan upaya eksistensi pondok pesantren Al-Amien dalam pendidikan khas pesantren masih terus dilestarikan dengan penunjang eksistensi yaitu dengan didirikannya lembaga pendidikan formal berupa Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Tsanawiyah Al-Amien serta adanya dukungan penuh dari pengasuh pondok pesantren dengan adanya fasilitas penunjang santri berupa wi-fi area. Tindakan yang fleksibel sangat berperan dalam eksisnya pondok pesantren Al�Amien dalam kondisi sosial masyarakat yang semakin maju.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:30
Last Modified: 25 Mar 2024 07:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12281

Actions (login required)

View Item View Item