LIVING QUR’AN DI PESANTREN: STUDI TENTANG TAHFIDZ AL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN MANBAUL HISAN DUSUN KLEPON DESA SIDODADI KECAMATAN GARUM KABUPATEN BLITAR

ROZAQ, ABDUL (2018) LIVING QUR’AN DI PESANTREN: STUDI TENTANG TAHFIDZ AL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN MANBAUL HISAN DUSUN KLEPON DESA SIDODADI KECAMATAN GARUM KABUPATEN BLITAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100714_Pra BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932100714_Bab I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
932100714_Bab II.pdf

Download (473kB)
[img] Text
932100714_Bab III.pdf

Download (292kB)
[img] Text
932100714_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
932100714_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
932100714_Bab VI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: The Living Qur’an dan Tahfidz Al Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pelaksanaan tahdfidz Al Qur’an, motivasi untuk melakukan tahfidz Al Qur’an serta makna dari tahfidz Al Qur’an perspektif para penghafal Al Qur’an di PP Manbaul Hisan Klepon. Hal ini menjadi sangat menarik, ketika pada umumnya beberapa lembaga pendidikan dan Pondok Pesanten tahfidz Al Qur’an maupun Salaf dengan program tahfidz Al Qur’an memiliki santri tahfidz Al Qur’an dengan usia mayoritas remaja keatas, namun di PP Manbaul Hisan justru yang menjadi mayoritas, yakni usia 7-12 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, yakni dengan mengungkap berbagai alasan yang mendasari suatu tindakan tertentu. Sehingga memungkinkan peneliti untuk memperoleh informasi mengenai motivasi tindakan serta makna tindakanData diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data, menggunakan trianggulasi data atau penyilangan data penelitian antar beberapa sumber data. Hasil dari penelitian ini (1) mengenai pelaksanaan tahfidz Al Qur’an mempunyai beberapa bagian penting, meliputi pemenuhan syarat-syarat hafalan, proses menghafal tiap ayat, kegiatan undakan dan muraja’ah serta ujian tahfidz Al Qur’an. (2) Motivasi untuk menghafal Al Qur’an meliputi, birrul walidain, para penghafal Al Qur’an menjadi inspiratornya, mendapat beasiswa tahfidz Al Qur’an, bercita-cita mendirikan Pondok Al Qur’an, mengangkat derajat orang tua dan ingin memakaikan mahkota dan baju kemuliaan kepada orang tua saat diakhirat. Sedangkan (3) makna tahfidzul Qur’an yaitu sebagai usaha untuk menjaga Al Qur’an, sebagai lantaran untuk memperoleh syafa’at dari Al Qur’an, bagian dari ittiba’, wujud penegakkan agama Islam, sebagai amalan dan zikir, kunci untuk masuk surga dan sebagai sarana untuk belajar bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 07 Jul 2020 03:52
Last Modified: 07 Jul 2020 03:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item