Zuhriyatussa'idah, Shinta (2023) Peran Sekolah Berbasis Pondok Pesantren Dalam Membentuk Akhlaqul Karimah Siswa Di SMP Plus ISYHAR GROMPOL TANJUNGTANI KECAMATAN PRMABON. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107818_prabab.pdf Download (12MB) |
|
Text
932107818_Bab1.pdf Download (196kB) |
|
Text
932107818_Bab2.pdf Download (216kB) |
|
Text
932107818_Bab3.pdf Download (196kB) |
|
Text
932107818_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
Text
932107818_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
Text
932107818_Bab6.pdf Download (111kB) |
|
Text
932107818_daftarpustaka.pdf Download (130kB) |
|
Text
932107818_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932107818_sp.pdf Download (694kB) |
Abstract
Akhlak di negara Indonesia dalam kondisi mengkhawatirkan, dimana banyak sekali kejadian-kejadian kriminal yang disebabkan karena rusaknya akhlak/moral, perkembangan zaman yang didukung dengan teknologi yang semakin canggih. Akhlak mulia atau akhlakul karimah merupakan tingkah laku atau budi pekerti yang baik yang dimiliki sehingga membawa nilai posistif bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Sekolah berbasis pesantren merupakan lembaga pendidikan formal yang dipadukan dengan sistem pendidikan yang ada di pesantren, dimana kurikulum di pesantren dimasukkan ke dalam kurikulum dalam lembaga pendidikan formal dengan mengintegrasikan keunggulan sistem pendidikan sekolah dan pesantren melalui tahapan implementasinya yaitu peningkatan akhlak mulia. Dalam hal ini membutuhkan campur tangan dari pihak sekolah dalam mendidiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana peran sekolah berbasis pondok pesantren dalam membentuk akhlaqul karimah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sekolah berbasis pondok pesantren ini dalam perannya membentuka akhlaqul karimah melalui metode yang digunakan dan faktor-faktor yang mendukung dan mempengaruhinya. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru, dan siswa di SMP Plus Isyhar Grompol Tanjungtani. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran sekolah berbasis pondok pesantren dalam membentuk akhlaqul karimah siswa dapat diuraikan sebagai berikut; sekolah memiliki peran melalui kegiatan ektrakurikuler, penerapan budaya-budaya sekolah serta pemberian mata pelajaran tambahan seperti tauhid, akhlaq, aswaja dan fiqih. 2) Metode yang digunakan dalam pembentukan akhlaqul karimah siswa yaitu menggunakan metode ceramah, metode pembiasaan, keteladanan, dan hukuman. 3) Faktor yang menjadi pendukung dalam pembentukan akhlaqul karimah berasal dari dalam diri berupa kesadaran yakni kesadaran dalam melaksanakan apa yang diterapkan disekolah dan kebiasaan-kebiasaan baik yang sudah tertanam dalam dirinya. Sedangkan faktor yang menghambat pembentukan akhlaqul karimah meliputi keluarga yang mana baik buruknya siswa tergantung keluarga dalam tanggungjawabnya dan teman sebaya sebagai lingkungan pergaulan setiap harinya baik di dalam maupun di luar sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SHINTA ZUHRIYATUSSA`IDAH |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 06:23 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 06:23 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12220 |
Actions (login required)
View Item |