UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PAI MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 1 KUNJANG KEDIRI

KAMILIA, NAILY (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PAI MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 1 KUNJANG KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Pra BAB.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (89kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Metode Index Card Macth, Pendidikan Agama Islam. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari penulis tertarik pada upaya guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa karena masih rendahnya minat belajar PAI pada siswa kelas VII di SMPN 1 Kunjang, dikarenakan mata pelajaran PAI dianggap sepele dan mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1) Bagaimana keaktifan belajar siswa kelas VII dalam mata pelajaran PAI di SMPN 1 Kunjang? 2) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode index card match di SMPN 1 Kunjang? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode index card match dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMPN 1 Kunjang? Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai instrument kunci dan sebagai alat pengumpulan data. Sumber data diperoleh dari Kepala sekolah, guru, dan siswa. Prosedur pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keaktifan siswa kelas VII di SMPN 1 kunjang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran terlihat dari siswa kurang berani bertanya dan menyampaikan pendapat, ketika proses pembelajaran berlangsung. 2) Upaya yang guru lakukan untuk meningkatkan keaktifan siswa adalah memberikan penugasan dan menerapkan media ketika pembelajaran, media yang digunakan yaitu index card match. 3) Faktor pendukung dalam penerapan metode ini adalah menjadikan siswa lebih bergairah dalam mengikuti pelajaran dan menjadikan siswa lebih aktif ketika proses pembelajaran. Sedangkan hambatan yang dialami oleh guru ketika penerapan metode ini adalah siswa menjadi gaduh dan ramai sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 30 Jun 2020 04:04
Last Modified: 30 Jun 2020 04:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item View Item