Hubungan kualitas layanan dan citra (image)sekolah terhadap kepuasan siswa di MA Ma'arif Udanawu Blitar

Prasetiyo, Guntur Eko (2023) Hubungan kualitas layanan dan citra (image)sekolah terhadap kepuasan siswa di MA Ma'arif Udanawu Blitar. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21504016_prabab.pdf

Download (623kB)
[img] Text
21504016_bab1.pdf

Download (494kB)
[img] Text
21504016_bab2.pdf

Download (537kB)
[img] Text
21504016_bab3.pdf

Download (571kB)
[img] Text
21504016_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21504016_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
21504016_bab6.pdf

Download (328kB)
[img] Text
21504016_daftarpustaka.pdf

Download (438kB)
[img] Text
21504016_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
2024_03_15_09_01_21 guntur.pdf

Download (313kB)

Abstract

Kualitas layanan adalah ukuran sejauh mana suatu layanan atau produk dapat memenuhi atau melebihi harapan pelanggan. Pada lembaga pendidikan, kualitas layanan merupakan hal yang penting. Kualitas layanan dapat berdampak pada citra lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan yang mampu memberikan layanan baik, akan berdampak pada citra lembaga pendidikan itu sendiri. Dengan terbentuknya kualitas layanan dan citra yang baik maka akan mengakibatkan rasa puas yang dirasakan oleh sisiwa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :1) mengetahui sejauh mana hubungan antara kualitas layanan terhadap kepuasan siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar, 2) mengetahui hubungan antara citra sekolah terhadap kepuasan siswa yang ada di MA Ma’arif Udanawu Blitar, dan 3) mengetahui hubungan kualitas layanan dan citra terhadap kepuasan siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar.Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode mix method atau metode campuran. Populasi pada penelitian ini merupakan keseluruhan siswa yang ada di MA Ma’arif Udanawu Blitar yang berjumlah 1825 siswa yang kemudian diambil sampel sebanyak 292 responden yang menyebar dari kelas X hingga XII.Hasil dari penenlitian ini menunjukkan :1)Variabel kualitas layanan (X1) memberikan pengaruh pada kepuasan siswa (Y) di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Hal ini dibuktikan dengan t hitung senilai 10,990, dimana t hitung > dari t tabel 1,650 dan Sig senilai 0,000 < 0,05. Kemudian dari koefisien determinasi didapat skor 0,294 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar sebesar 29,4 %, 2) Variabel citra (image) sekolah memberikan pengaruh terhadap kepuasan siswa (Y) di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Hal ini dibuktikan dengan t hitung senilai 10,208, dimana t hitung > dari t tabel 1,650 dan Sig senilai 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05. Kemudian dari koefisien determinasi didapat skor 0,264 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh citra (image) sekolah terhadap kepuasan siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar sebesar 26,4 %, 3) hubungan kualitas layanan dan citra (image) sekolah terhadap kepuasan siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh kualitas layanan dan citra (image) sekolah terhadap kepuasan siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 66,790 yang lebih tinggi dibandingkan Ftabel sebesar 3,027. Atau dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih rendah dari Alpha sebesar 0,05. Kemudian dari koefisien determinasi didapat skor 0,316 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh kualitas layanan dan citra (image) sekolah terhadap kepuasan siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar sebesar 31,6 %.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: guntur eko prasetiyo
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:59
Last Modified: 15 Mar 2024 02:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12180

Actions (login required)

View Item View Item