PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTSN 9 NGANJUK

Choiriyah, Nurul Lailatul (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTSN 9 NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
932122419_bab1.pdf

Download (420kB)
[img] Text
932122419_bab2.pdf

Download (559kB)
[img] Text
932122419_bab3.pdf

Download (748kB)
[img] Text
932122419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text
932122419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
932122419_bab6.pdf

Download (410kB)
[img] Text
932122419_daftarpustaka.pdf

Download (10kB)
[img] Text
932122419_prabab.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Lailatul Choiriyah, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd dan Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I, Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIII MTsN 9 Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023, Kata Kunci: Problem Based Learning; Keaktifan Belajar; Akidah Akhlak Latar belakang masalah yang diambil untuk digunakan sebagai bahan penelitian ini adalah tentang permasalahan utama pembelajaran dalam kelas VIII MTsN 9 Nganjuk, yakni kurangnya siswa yang aktif di kelas pada saat pembelajaran Akidah Akhlak. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTsN 9 Nganjuk dan (2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTsN 9 Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang dilakukan dalam dua siklus, dengan menggunakan langkah-langkah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan atau observasi, 4) Refleksi atau evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 9 Nganjuk yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2 dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII MTsN 9 Nganjuk adalah sebagai berikut: (a) tahap perencanaan meliputi menetapkan materi, menyusun RPP dan media pembelajaran, (b) tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pembukaan, inti dan penutup dalam pembelajaran, (c) tahap pengamatan yang dilaksanakan bersamaan dengan proses pembelajaran, serta (d) tahap evaluasi atau refleksi untuk mengkaji dan mempertimbangkan hasil tindakan yang dilakukan dan (2) Peningkatan keaktifan belajar siswa di kelas VIII dengan menggunakan model Problem Based Learning di MTsN 9 Nganjuk dapat dilihat dari mulai siklus I sampai siklus II. Pada tindakan siklus I skor rata-rata persentase keaktifan belajar mencapai 56% dan setelah dilakukan tindakan siklus II meningkat menjadi 87%. Berdasarkan observasi aktivitas siswa diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan dalam aktivitas reading dari 40% menjadi 90%, oral dari 44% menjadi 80%, listening dari 84% menjadi 96%, writing dari 60% menjado 92%, drawing dari 56% menjadi 84%, motor dari 40% menjadi 80%, mental dari 60% menjadi 84%, dan emotional dari 64% menjadi 88%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Lailatul Choriyah
Date Deposited: 06 Mar 2024 07:41
Last Modified: 06 Mar 2024 07:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12156

Actions (login required)

View Item View Item