SURGA DALAM AL-QUR’AN : Telaah Ayat – ayat al-Qur’an tentang Surga dan Korelasinya terhadap Perbuatan Manusia

Rofiqotul, Akmaliah (2024) SURGA DALAM AL-QUR’AN : Telaah Ayat – ayat al-Qur’an tentang Surga dan Korelasinya terhadap Perbuatan Manusia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
SKRIPSI 933802216_Rofiqotul Akmaliah.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Akmaliah, Rofiqotul, 2022. SURGA DALAM AL-QUR’AN : Telaah Ayat – ayat al-Qur’an tentang Surga dan Korelasinya terhadap Perbuatan Manusia, Skripsi, Program Studi Imu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Dosen Pembimb.g: (1) Dr. A. Halil Thahir, M.HI. dan (2) Drs. Hamam Thontowi, M.Pd.I. Kata Kunci : Surga, Jannah, Perbuatan Manusia Al-Qur’an merupakan kitab suci terakhir yang diturunkan oleh Allah sebagai ‘hudan li al-nas’ yakni sebagai petunjuk bagi umat manusia. Segala aspek kehidupan manusia sudah di atur di dalam al-Qur’an, baik kehidupan manusia dengan manusia lain maupun kehidupan manusia dengan Tuhannya serta kehidupan manusia dan hubungannya dengan alam sekitarnya, bahwasannya semua amal perbuatan selama di dunia akan dipertanggung jawabkan di akhirat dan mendapat balasan serta ganjaran yang setimpal. Di dalam Islam, al-Qur’an tidak hanya menuturkan gambaran surga namun sekaligus menjelaskan bagaimana langkah-langkah agar sampai ke surga. Ayat-ayat mengenai makna surga bisa dicari dalam al-Qur’an dengan menggunakan kata kunci jannah. Dalam penelitian ini berusaha mengungkap makna jannah yang terkandung di dalam masing-masing ayat dan menganilisis implementasinya pada masa sekarang. Penelitian ini bersifat kajian pustaka (Library Research). Data primer yang digunakan adalah ayat-ayat Al-Qur’an yang mengandung kata jannah. Sedangkan data sekunder adalah buku, jurnal, artikel, tesis yang berkaitan dengan tema diatas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis maudu’i. Hasil penelitiannya, yaitu: 1) di dalam Al-Qur’an, kata jannah dan turunanya dalam Al-Qur’an sebanyak 201 ayat di dalam 71 Surat dan 15 bentuk Penggunannya. 2) dari 15 bentuk penggunaan kata jannah yang berarti surga adalah Jannatik, Bijannatayhim, Jannatahu, Jannat, Jannatani, Jannatayni, Jannati, Jannatin dari seluruh ayat jannah ada beberapa kelompok ayat yang di anggap mewakili konsep amal perbuatan manusia yang dapat mengantarkan ke surga. 3) bahwa makna jannah berdasarkan perspektif al-Qur’an memiliki makna tempat tinggal yang penuh kenikmatan di akhirat sebagai balasan atas perbuatan manusia di dunia. Implikasinya perbuatan manusia tidak serta merta dapat mengantarkan ke surga namun banyak faktor lain yang mempengaruhinya, dari segi keimanan, rahmat maupun anugrah dari Allah. Manusia tidak dapat menyombongkan maupun membanggakan atas amal perbuatannya saja karena tanpa bimbingan dan bantuan dari Allah manusia tidak akan mampu mengukir prestasi dalam hidupnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030301 Knowledge of the Qur'an (Ilmu Al-Qur’an)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040303 Al-Qur'an and Related Science (Al-Qur’an dan Ilmu yang Berkaitan) > 2204030305 Tafsir Al-Qur’an
Depositing User: ROFIQOTUL AKMALIAH
Date Deposited: 06 Mar 2024 07:01
Last Modified: 06 Mar 2024 07:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12152

Actions (login required)

View Item View Item