RELEVANSI KONSEP ETIKA MURID MENURUT IMAM AL-GHAZALI DENGAN UU RI NO.20 TAHUN 2003 DAN PP RI NO.17 TAHUN 2010

SIDIQ, ROUF (2018) RELEVANSI KONSEP ETIKA MURID MENURUT IMAM AL-GHAZALI DENGAN UU RI NO.20 TAHUN 2003 DAN PP RI NO.17 TAHUN 2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1. Pra BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (611kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (542kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
7. BAB VI.pdf

Download (351kB)

Abstract

Kata Kunci: Etika Murid, Imam Al-Ghazali, UU RI No.20 tahun 2003, PP RI No.17 tahun 2010 Proses pendidikan harus dijalankan dengan etika yang benar, karena pendidikan bukan hanya berbicara tentang penanaman nilai yang baik melalui pembelajaran tetapi juga berbicara dari sisi penerapan etika baik kepada pendidik maupun peserta didik. Kenyataan yang ada bahwa terjadi kesenjangan antara penanaman nilai-nilai yang baik dan benar di sekolah dengan penerapannya dimasyarakat belum memberikan nilai-nilai etika yang benar dalam dunia pendidikan. Salah satu tokoh yang berperan dalam dunia pendidikan Indonesia, KH Muhammad Hasyim Asy’ari menekankan penghormatan tinggi kepada pendidiknya, mengingat guru adalah seorang yang berjasa telah mengarahkan dan membimbing menuntut ilmu. Al-Ghazali juga menyatakan bahwa seseorang harus memandang gurunya sebagai seseorang yang terhormat dan mulia. Selain itu pemimpin bangsa juga membentuk regulasi tentang proses pendidikan nasional agar berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan. Namun hal ini belum sepenuhnya terlaksana dengan baik bahkan hal tersebut dapat mengancam nasib dari pendidik. Pada awal februari 2018 dunia pendidikan Indonesia diramaikan dengan meninggalnya seorang pendidik yang salah satu sebabnya diduga karena ulah dari muridnya sendiri. Adanya penelitian ini untuk mengetahui pemikiran etika murid menurut imam al-Ghazali serta relevansinya dengan UU RI No.20 tahun 2003 dan PP RI No. 17 Tahun 2010. Dalam pelaksanaannya penulis menggunakan penelitian bersifat library research/ penelitian kepustakaan, dengan menggunakan metode deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka yang berkaitan dengan tema studi. Data yang terkumpul dianalisis dengan: 1) mendeskripsikan pemikiran Imam al-Ghazali tentang konsep etika murid. 2) analisis etika murid menurut Imam al-Ghazali dengan UU RI No.20 tahun 2003 dan PP RI No.17 tahun 2010 kemudian dicari relevansi diantara keduanya. Dengan menggunakan kitab Bidayah al-hidayah sebagai sumber data primer terdapat beberapa etika yang harus dilakukan murid dalam mencari ilmu diantaranya tidak mencari ilmu yang berbahaya, tidak sibuk dengan yang fardhu kifayah, menghormati guru dan tidak berprasangka buruk kepada guru baik itu ketika dalam, diluar majlis pembelajaran, dll. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya konsep etika menurut Imam al-Ghazali memiliki relevansi dengan UU RI No.20 tahun 2003 yaitu berusaha menjaga dan melestarikan norma-norma pendidikan dalam mencari ilmu, kemudian relevansi dengan PP RI No.17 tahun 2010 yaitu dalam menghormati guru dan etika murid dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut pemikiran Imam al-Ghazali masih relevan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:22
Last Modified: 23 Jun 2020 04:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item