Al Mufida, Putri Auliya (2023) Minat anggota terhadap produk pembiayaan murabahah pada KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
931404816_prabab.pdf Download (800kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
|
Text
931404816_bab1.pdf Download (420kB) |
|
Text
931404816_bab2.pdf Download (325kB) |
|
Text
931404816_bab3.pdf Download (204kB) |
|
Text
931404816_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
Text
931404816_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
931404816_bab6.pdf Download (108kB) |
|
Text
931404816_daftarpustaka.pdf Download (191kB) |
Abstract
PUTRI AULIYA AL MUFIDA, 2023. Minat Anggota Terhadap Produk Pembiayaan Murabahah Pada KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri, Skripsi, Progam Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Dosen pembimbing: (1) Dr. Binti Mutafarida, SE., MEI dan (2) Dr. Yuliani, MM. Kata Kunci: Minat, Pembiayaan Murabahah. Manusia menunjukkan minat atau ketertarikan terhadap berbagai hal karena kodratnya sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. Minat merupakan dorongan pada seseorang dalam membangkitkan ketertarikan atau perhatian yang mengarah pada pemilihan objek atau kegiatan yang menguntungkan, menyenangkan dan yang pada waktunya memberikan kepuasan kepadanya. Minat seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dikelompokkan menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi aspek-aspek yang berada di dalam diri individu. Faktor eksternal meliputi aspek-aspek yang berasal dari luar individu. Semua aspek tersebut juga mempengaruhi manusia dalam dunia ekonomi terhadap minat seseorang memilihi suatu produk jasa, hal ini pula yang melopori lembaga jasa keuangan bank maupun non-bank memiliki produk-produk jasa berbasis syariah, salah satunya ialah pembiayaan murabahah. Salah satu lembaga keuangan non-bank adalah KSU BMT Rahmat Syariah Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana faktor-faktor memengaruhi minat anggota dalam memilih pembiayaan murabahah pada koperasi syariah BMT Rahmat Semen Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara pada pihak lembaga seperti ketua, manager dan anggota, serta dokumentasi. Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data sekunder merupakan sumber data tertulis yang digunakan sebagai tambahan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat anggota KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri terhadap produk pembiayaan murabahah dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor sosial, faktor pribadi anggota itu sendiri, dan faktor bauran pemasaran yang dilakukan oleh lembaga, namun perlu diperhatikan bahwa mayoritas anggota belum memahami definisi murabahah, meskipun mereka telah melakukan transaksi dengan akad murabahah. Masalah tersebut menjadi salah satu titik fokus upaya lembaga meningkatkan pemahaman anggota tentang produk pembiayaan murabahah agar minat anggota menjadi lebih kuat dan berkelanjutan.
Actions (login required)
View Item |