Minat anggota terhadap produk pembiayaan murabahah pada KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri

Al Mufida, Putri Auliya (2023) Minat anggota terhadap produk pembiayaan murabahah pada KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
931404816_prabab.pdf

Download (800kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
931404816_bab1.pdf

Download (420kB)
[img] Text
931404816_bab2.pdf

Download (325kB)
[img] Text
931404816_bab3.pdf

Download (204kB)
[img] Text
931404816_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
931404816_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
931404816_bab6.pdf

Download (108kB)
[img] Text
931404816_daftarpustaka.pdf

Download (191kB)

Abstract

PUTRI AULIYA AL MUFIDA, 2023. Minat Anggota Terhadap Produk Pembiayaan Murabahah Pada KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri, Skripsi, Progam Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Dosen pembimbing: (1) Dr. Binti Mutafarida, SE., MEI dan (2) Dr. Yuliani, MM. Kata Kunci: Minat, Pembiayaan Murabahah. Manusia menunjukkan minat atau ketertarikan terhadap berbagai hal karena kodratnya sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. Minat merupakan dorongan pada seseorang dalam membangkitkan ketertarikan atau perhatian yang mengarah pada pemilihan objek atau kegiatan yang menguntungkan, menyenangkan dan yang pada waktunya memberikan kepuasan kepadanya. Minat seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dikelompokkan menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi aspek-aspek yang berada di dalam diri individu. Faktor eksternal meliputi aspek-aspek yang berasal dari luar individu. Semua aspek tersebut juga mempengaruhi manusia dalam dunia ekonomi terhadap minat seseorang memilihi suatu produk jasa, hal ini pula yang melopori lembaga jasa keuangan bank maupun non-bank memiliki produk-produk jasa berbasis syariah, salah satunya ialah pembiayaan murabahah. Salah satu lembaga keuangan non-bank adalah KSU BMT Rahmat Syariah Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana faktor-faktor memengaruhi minat anggota dalam memilih pembiayaan murabahah pada koperasi syariah BMT Rahmat Semen Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara pada pihak lembaga seperti ketua, manager dan anggota, serta dokumentasi. Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data sekunder merupakan sumber data tertulis yang digunakan sebagai tambahan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat anggota KSU BMT Rahmat Syariah Semen Kediri terhadap produk pembiayaan murabahah dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor sosial, faktor pribadi anggota itu sendiri, dan faktor bauran pemasaran yang dilakukan oleh lembaga, namun perlu diperhatikan bahwa mayoritas anggota belum memahami definisi murabahah, meskipun mereka telah melakukan transaksi dengan akad murabahah. Masalah tersebut menjadi salah satu titik fokus upaya lembaga meningkatkan pemahaman anggota tentang produk pembiayaan murabahah agar minat anggota menjadi lebih kuat dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Depositing User: Putri Auliya Al Mufida
Date Deposited: 05 Mar 2024 04:00
Last Modified: 05 Mar 2024 04:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12104

Actions (login required)

View Item View Item