PRASTIWI, ASFI (2017) Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Membina Pengembangan Profesionalisme Guru MTsN Kanigoro Kras Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
1. Sampul, Daftar isi.pdf Download (256kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (101kB) |
|
Text
DFTAR KONSULTASI.pdf Download (118kB) |
|
Text
daftar riwayat hidup_SUSUNAN PENGURUS KOMITE.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu fenomena bahwa MTsN Kanigoro Kras merupakan salah satu madrasah yang unggul di Kabupaten Kediri, baik dari segi peningkatan kuantitas dan kualitas siswa maupun dari kualitas gurunya. Hal lain yang membuat penulis tertarik untuk mengambil lokasi penelitian di MTsN Kanigoro Kras dikarenakan madrasah ini telah menjadi madrasah yang unggul dan telah meraih prestasi ADI WIYATA. Kepala sekolah adalah seorang pemimpin yang memegang peranan penting dalam perkembangan sekolah, maka seorang kepala sekolah dituntut untuk selalu berusaha mengembangkan mutu pendidikan yang ada. Untuk itu perlu adanya upaya yang nyata dari kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan di sekolah. Dalam penelitian ini akan mengangkat sebuah tema dengan judul pelaksanaan supervsi akademik kepala sekolah dalam membina pengembangan profesionalisme guru di MTsN Kanigoro Kras Kediri. Adapun fokus yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di MTsN Kras Kanigoro? Dan apakah faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan supervisi akademik di MTsN Kanigoro Kras? Selanjutnya fokus penelitian tersebut dijabarkan dalam beberapa butir sub fokus yang mencakup kegiatan (1) pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah (2) model pembinaan profesionalisme guru, (3) faktor yang mendukung dan menghambat dalam membina pengembangan profesionalisme guru. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Kehadiran peneliti di lapangan sangat penting, karena sebagai pengumpul data dengan lokasi penelitian di MTsN Kanigoro Kras. Prosedur pengumpulan data, yaitu dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini dihasilkan dua temuan, yaitu: 1) pelasanaan supervisi akademik meliputi (a) rapat guru (b) workshop (c) seminar (d) kunjungan kelas (e) percakapan pribadi (f) studi kelompok antar guru. 2) model supervisi akademik kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MTsN Kanigoro Kras: (a) pembinaan kecakapan kerja guru (b) pembinaan keilmuan guru (c) pembinaan kode etik guru. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan profesionalisme guru (a) faktor pendukung antara lain : 1. guru yang linier dengan ijazahnya, 2. Adanya bantuan operasional dari pemerintah dan swadaya masyarakat sekitar (b) faktor penghambat antara lain : 1. guru yang tidak linier dengan ijazahnya, 2. administrasi guru yang telalu banyak.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 24 Jan 2019 01:28 |
Last Modified: | 24 Jan 2019 01:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/121 |
Actions (login required)
View Item |