Sari, Rika Nurmala (2023) Pengembangan Media Pembelajaran BIG BOOK Materi Berwudhu Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas 2 SDN Manggis 2 Ngancar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932126119_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932126119_bab1.pdf Download (346kB) |
|
Text
932126119_bab2.pdf Download (500kB) |
|
Text
932126119_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
|
Text
932126119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932126119_bab5.pdf Download (294kB) |
|
Text
932126119_daftarpustaka.pdf Download (299kB) |
|
Text
932126119_sp.pdf Download (814kB) |
Abstract
RIKA NURMALA SARI. Dosen Pembimbing ibu Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd. dan ibu Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I. Pengembangan Media Pengembangan Big Book Materi Berwudhu Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas 2 SDN Manggis 2 Ngancar Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023.Kata Kunci: Penelitian dan pengembangan, Media Pembelajaran, Big Book, Minat Belajar. Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh sistem pembelajaran yang masih monoton yang dimana siswa cepat bosan dan jenuh karena guru masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan hanya menggunakan buku dari sekolah. Salah satu cara meningkatkan minat belajar adalah melalui media Big Book. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran baru yaitu Big Book untuk meningkatkan Minat Belajar PAI kelas II di SDN Manggis 2 Ngancar, (2) Untuk Mengetahui kelayakan pengembangan produk media Big Book bagi peserta didik kelas II SDN Manggis 2 Ngancar dan (3) Mengetahui keefektifan media Big Book untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas II SDN Manggis 2 Ngancar. Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan angket. Data kuantitatif dan kualitatif dianalisis menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media Big Book menyajikan materi berwudhu disertai gambar ilustrasi yang pembuatannya dilakukan dengan lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi atau yang biasa disebut model ADDIE. (2) Kelayakan media Big Book dapat dikatakan sangat layak diperoleh dari hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 86,5%, ahli bahasa memperoleh 94,54% serta 93,75 dari ahli materi dengan kategori sangat layak. (3) Keefektifan media Big Book diperoleh dari hasil respon angket minat peserta didik yaitu 95,4% dan hasil uji kelompok kecil sebesar 96,4% dan kelompok besar 97,2% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Big Book pada materi Berwudhu kelas II efektif dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rika Nurmala Sari |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 07:04 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 07:04 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12095 |
Actions (login required)
View Item |