Pengembangan media game interaktif wordwall untuk meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran fiqih kelas viii materi zakat di SMPI Al-Hidayah Tampungrejo

Darmawan, Herdika Ardy (2023) Pengembangan media game interaktif wordwall untuk meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran fiqih kelas viii materi zakat di SMPI Al-Hidayah Tampungrejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932119319_prabab.pdf

Download (731kB)
[img] Text
932119319_bab1.pdf

Download (291kB)
[img] Text
932119319_bab2.pdf

Download (205kB)
[img] Text
932119319_bab3.pdf

Download (213kB)
[img] Text
932119319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932119319_bab5.pdf

Download (141kB)
[img] Text
932119319_daftarpustaka.pdf

Download (189kB)
[img] Text
2024_03_04_08_53_25 herdika.pdf

Download (292kB)

Abstract

Media pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu alat yang dapat dimanfaat oleh pendidik untuk membantu penyampaian materi pada proses pembelajaran. Namun masih banyak guru belum menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi dengan baik maupun inovatif untuk digunakan membuat media pembelajaran, yang membuat para peserta didik mudah bosan, karena guru fiqih pada sekolah SMP Islam Al-Hidayah Tampungrejo masih menggunakan metode ceramah yang membuat Siswa menjadi sulit untuk berkonsentrasi karena banyaknya siswa yang tidak mendengarkan dan ramai sendiri yang membuat para siswa lain yang ingin mempelajari pelajaran fiqih jadi terganggu. Dan membuat para siswa menjadi tidak paham tentang apa yang dipelajari atau disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana kelayakan game interaktif wordwall dan bagaimana respon siswa terhadap game interaktif wordwall untuk meningkatkan pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Islam Al-Hidayah Tampungrejo Penelitian ini merupakan bentuk penelitian dan pengembangan atau disebut juga dengan Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model A.D.D.I.E (Analysis Design Development Implementation and Evaluate). Penelitian ini menggunakan subjek yaitu siswa kelas 8 yang berjumlah 40 siswa, dan untuk memvalidkan media yang digunakan saya menggunakan uji ahli media dan uji ahli materi, dan untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner, penelitian ini menggunakan analisis data, penelitian ini menggunakan Teknik analisis pada penelitian ini adalah dengan mendeskripsikan data yang telah didapat dari angket yang telah disampaikan. Informasi kuantitatif diperoleh dari angket, yang diukur pada skala Linkert Empat poin. Berdasarkan hasil analisis data dari tiga validator diperoleh kriteria “sangat layak” layak digunakan. Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap game interaktif pembelajaran wordwall yang telah dikembangkan oleh peneliti. Dalam proses ini, dilakukan dua kali uji coba yaitu uji coba skala kecil (small group) dan uji coba lapangan atau uji coba skala besar. Uji coba skala kecil ini dilakukan kepada 10 orang peserta didik. Hasil respon peserta didik pada uji skala kecil berdasarkan pengisian angket respon peserta didik, memperoleh kriteria “Sangat Praktis”. Dan pada kelompok besar untuk mengetahui kepraktisan media game interaktif pembelajaran yang dukembangkan oleh peneliti, berdasarkan angket yang diberikan kepada peserta didik memperoleh kriteria “Sangat Praktis”.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: HERDIKA ARDY DARMAWAN
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:54
Last Modified: 04 Mar 2024 01:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11983

Actions (login required)

View Item View Item