Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk

Abdillah, M. Hamid (2023) Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932409419_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932409419_bab1.pdf

Download (223kB)
[img] Text
932409419_bab2.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932409419_bab3.pdf

Download (94kB)
[img] Text
932409419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
932409419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
932409419_bab6.pdf

Download (17kB)
[img] Text
932409419_daftarpustaka.pdf

Download (96kB)
[img] Text
932409419_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
932409419_LembarPersetujuanPublikasi.pdf

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Profesionalitas guru melalui kegiatan supervisi di SMA Negeri 1 Prambon. 2) Teknik yang digunakan dalam meningkatkan profesionalitas guru melalui kegiatan supervisi di SMA Negeri 1 Prambon. 3) Bidang-Bidang yang dilakukan supervisi oleh kepala sekolah di SMA Negeri 1 Prambon. 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan profesionalitas guru di SMA Negeri 1 Prambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Tim Supervisor dan beberapa Guru di SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk. Teknik pengumpulan data melalui 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Studi Dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, conclusion drawing atau verification. Pengecekan keabsahan data dilakukan peneliti dengan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru ini meliputi empat aspek yakni: profesionalitas guru, teknik supervisi, bidang-bidang yang disupervisi dan faktor pendukung dan penghambat kegiatan supervisi. Empat aspek tersebut dijabarkan sebagai berikut: 1) Profesionalitas guru di SMA Negeri 1 Prambon diukur dalam kegiatan supervisi, yang mana guru harus memiliki empat kompetensi dasar. 2) Teknik supervisi dalam meningkatkan profesionalitas guru SMA Negeri 1 Prambon menggunakan teknik individual dan kelompok, penentuan teknik disesuaikan dengan situasi yang ada dilapangan. 3) Bidang yang dilakukan supervisi di SMA Negeri 1 Prambon adalah semua bidang pendidikan yang ada di sekolah yang menyangkut proses pembelajaran. 4) Terdapat beberapa faktor penghambat dan pendukung dalam upaya peningkatan profesionalitas guru di SMA Negeri 1 Prambon. Dalam upaya peningkatan profesionalitas guru, kondisi lingkungan sekolah, keprofesionalitasan kepala sekolah dan kondisi guru menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M Hamid Abdillah
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:35
Last Modified: 21 Feb 2024 07:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11975

Actions (login required)

View Item View Item