PERAN KHAN (KOMUNITAS HENNA ART NGANJUK) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA ANGGOTA PERSPEKTIF MAQASID SYARIAH

Kurniawati, Kiki (2024) PERAN KHAN (KOMUNITAS HENNA ART NGANJUK) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA ANGGOTA PERSPEKTIF MAQASID SYARIAH. Undergraduate (S1) thesis, iain kediri.

[img] Text
931317216_prabab.pdf

Download (698kB)
[img] Text
931317216_bab1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
931317216_bab2.pdf

Download (192kB)
[img] Text
931317216_bab3.pdf

Download (123kB)
[img] Text
931317216_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
931317216_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
931317216_bab6.pdf

Download (12kB)
[img] Text
931317216_daftarpustaka.pdf

Download (131kB)

Abstract

KIKI KURNIAWATI, Dosen Pembimbing Dr.Binti Mutafarida, SE., MEI dan Erawati Dwi Lestari, SS., M.hum. Judul Skripsi “Peran KHAN (Komunitas Henna Art Nganjuk) Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Anggota Perspektif Maqasid Syariah”. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci : Pendapatan, Pelukis Henna, Maqasid Syariah Kompetensi pelukis henna dikelola dengan rapi supaya menghasilkan tambahan pendapatan bagi pelaku usahanya. Komunitas henna art Nganjuk sebagai wadah para pelukis henna untuk mengekspresikan diri dan menciptakan motif-motif terbaru sehingga harga jual menjadi naik. Hal ini penting diperhatikan agar efektif dan efesien guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Nganjuk. Berkaitan dengan hal tersebut pendapatan pelukis tato henna dalam perspektif maqasid syariah menarik untuk dikaji, maqasid syariah dalam usaha henna menguntungkan dan memberikan keuntungan yang lebih besar bagi pelakunya. Pemilihan komunitas henna art Nganjuk sebagai tempat penelitian bahwa harga yang ditarifkan anggota komunitas henna art Nganjuk masih tergolong murah jika dibandingkan dengan komunitas henna art di daerah lain. Berdasarkan konteks penelitian tersebut, peneliti ingin meneliti hal tersebut dengan judul “Peran KHAN (Komunitas Henna Art Nganjuk) Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Anggota Perspektif Maqasid Syariah”. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan peneliti adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan admin Komunitas Henna Art Nganjuk (KHAN), Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak-pihak terkait admin Komunitas Henna Art Nganjuk (KHAN). Data sekunder dari berbagai literatur, grup whatsApp, instagram dan data-data terkait yang berhubungan dengan Komunitas Henna Art Nganjuk (KHAN). Hasil penelitian mengungkapkan (1)Komunitas henna art Nganjuk sebagai wadah para pelukis henna untuk mengekpresikan diri dalam melukis henna. Pelukis henna yang bergabung di komunitas henna art Nganjuk bisa menghasilkan tambahan pendapatan, pendapatan yang diperoleh bisa mencapai dengan jumlah 45.000.000 dalam setiap tahunnya, dalam grup whatsApp jumlah anggota KHAN tercatat 54 anggota. Berbagai upaya yang dilakukan komunitas henna art Nganjuk untuk membuat acara pelatihan dan PR. Hal tersebut bertujuan supaya dengan terus berlatih hasil lukisan henna bertambah bagus dan rapi. (2) Peran komunitas henna art Nganjuk dalam meningkatkan pendapatan keluarga anggota jika dianalisis dari perspektif maqasid syariah ditemukan adanya tambahan pendapatan yang diperoleh anggota setelah bergabung di komunitas henna art Nganjuk dan menerapkan maqasid syariah dalam kerja anggotanya tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Kiki Kurniawati
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:26
Last Modified: 06 Feb 2024 03:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11863

Actions (login required)

View Item View Item