Penerimaan diri pada anak asuh di Panti Asuhan Putri 'Aisyiyah II Kota Surabaya

Asrafina, Azra (2023) Penerimaan diri pada anak asuh di Panti Asuhan Putri 'Aisyiyah II Kota Surabaya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933402816_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933402816_bab1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
933402816_bab2.pdf

Download (351kB)
[img] Text
933402816_bab3.pdf

Download (151kB)
[img] Text
933402816_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
933402816_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
933402816_bab6.pdf

Download (15kB)
[img] Text
933402816_daftarpustaka.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penerimaan Diri merujuk pada kepuasan hidup dan kebahagiaan seseorang sangatlah penting bagi kesehatan mental. Seseorang yang mampu melakukan penerimaan diri sangat memahami kelebihan dan kekurangan dalam diri. Penelitian ini berangkat dari permasalahan terkait penerimaan diri anak asuh yang tinggal di panti asuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penerimaan diri dan aspek penerimaan diri pada anak asuh yang tinggal di Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah II Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus dan disajikan secara deskriptif. Data primer dalam penelitian ini merupakan hasil observasi dan wawancara kepada subjek penelitian dengan kriteria seluruh anak asuh yang sudah 3 tahun tinggal di Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah II Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data dengan interview (wawancara) semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data sekunder diperoleh dari pengasuh Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah II Kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa 10 faktor penerimaan diri pada anak asuh di Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah II Kota Surabaya, yakni pemahaman diri, realitas harapan, bebas dari hambatan lingkungan, sikap lingkugan seseorang, adanya tidak tekanan, frekuensi keberhasilan, identifikasi seseorang, perspektif diri, latihan pada masa anak dan konsep diri sepenuhnya dimiliki oleh anak asuh di Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah II Kota Surabaya. Namun dengan beberapa cara yang berbeda pada setiap subjeknya menyesuaikan dengan keadaan pada setiap individu terlihat dari dominasi aspek yang dimiliki satu subjek berbeda dengan subjek lainnya. Subjek di Panti Asuhan Putri Aisyiyah II Surabaya mengalami penerimaan diri yang positif dalam berbagai aspek. Merasakan perasaan sederajat, memiliki keyakinan pada kemampuan diri, memiliki sikap berpendirian, dan menunjukkan tingkat penerimaan terhadap sifat kemanusiaan yang berkembang seiring waktu. Hal ini mencerminkan adanya upaya untuk membangun rasa harga diri, kepercayaan diri, dan pemahaman akan nilai-nilai positif dalam diri setiap individu anak asuh.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Azra Asrafina
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:29
Last Modified: 06 Feb 2024 02:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11859

Actions (login required)

View Item View Item