Indriani, Marlitha (2024) Hubungan antara pola asuh demokratis dan konsep diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru rantau di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933414019_prabab.pdf Download (580kB) |
|
Text
933414019_bab1.pdf Download (223kB) |
|
Text
933414019_bab2.pdf Download (319kB) |
|
Text
933414019_bab3.pdf Download (315kB) |
|
Text
933414919_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
Text
933414019_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
Text
933414019_bab6.pdf Download (52kB) |
|
Text
933414019_daftarpustaka.pdf Download (158kB) |
|
Text
933414019_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
2024_02_05_13_46_55 MARLITHA.pdf Download (312kB) |
Abstract
Setiap mahasiswa baru rantau yang menetap ke suatu tempat atau lingkungan baru pastinya akan dituntut untuk menyesuaikan diri dalam menghadapi kondisi yang baru. Penyesuaian diri merupakan proses alami dan dinamis dalam mengubah perilaku individu kea rah yang lebih sesuai dengan kondisi lingkungan seseorang. Untuk dapat belajar mandiri, anak membutuhkan pola asuh dan lingkungan sekitar agar dapat mencapai otonomi atas diri sendiri. Dengan begitu anak dapat memiliki konsep diri yang baik atas penilaian maupun pengetahuan/kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu, peneliti ingin mendalami hubungan pola asuh demokratis dan konsep diri dengan penyesuaian diri. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan penyesuaian diri; 2) Untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan penyesuaian diri; dan 3) Untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dan konsep diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru rantau di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 248 mahasiswa baru rantau prodi Psikologi Islam. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 146 mahasiswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah 1) skala pola asuh demokratis disusun berdasarkan teori Baumrind; 2) skala konsep diri disusun berdasarkan teoriCalhoun & Acocella; dan 3) skala penyesuaian diri disusun berdasarkan teori Schneiders. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi pearson product moment dan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji korelasi pearson product moment dan regresi linear berganda, maka dapat disimpulkan bahwa,1) terdapat hubungan positif signifikan antara pola asuh demokratis dengan penyesuaian diri dengan hasil perhitungan yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 0,05 dan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,645 > 0,162. 2) terdapat hubungan positif signifikan antara konsep diri dengan penyesuaian diri dengan hasil perhitungan yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 0,05 dan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,790 > 0,162. 3) terdapat hubungan positif signfikan antara pola asuh demokratis dan konsep diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru rantau di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri dengan hasil perhitungan yang menunjukkan nilai signfikansi 0,000 < 0,5 dan uji regresi linear berganda didapatkan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 123,622 > 3,06.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Marlitha Indriani |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 06:47 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 06:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11836 |
Actions (login required)
View Item |