Anggraeni, Melina Fitri (2023) Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Perilaku Asertif Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Baru Kelas VII MTsN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933406818_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933406818_bab1.pdf Download (345kB) |
|
Text
933406818_bab2.pdf Download (514kB) |
|
Text
933406818_bab3.pdf Download (486kB) |
|
Text
933406818_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text
933406818_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
Text
933406818_bab6.pdf Download (203kB) |
|
Text
933406818_daftarpustaka.pdf Download (431kB) |
|
Text
933406818_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK MELINA FITRI ANGGRAENI, Dosen Pembimbing Drs. Moh Irfan Burhani, M. Psi. dan Luthfi Atmasari M. Psi. Psikolog. Hubungan Antara Kematangan Emosi dan Perilaku Asertif Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Baru Kelas VII MTsN 2 Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci : Penyesuaian Diri, Kematangan Emosi, Perilaku Asertif. Penyesuaian diri merupakan proses individu dalam menyesuaiakan dirinya terhadap lingkungannya agar dapat berinteraksi dengan baik untuk mengatasi kesulitan dan konflik pada dirinya dengan lingkungannya. Hasil observasi menunjukkan masih banyak siswa ditahun pertama MTsN 2 Kota Kediri belum bisa menyesuaikan diri dengan baik. Secara teoritis penyesuaian diri berhubungan dengan kematangan emosi dan perilaku asertif. Kematangan emosi adalah bentuk kedewasaan dari segi emosional, dalam arti seseorang tidak lagi terbayang-bayang oleh motif kekanak-kanakan. Sementara perilaku asertif adalah kemampuan individu untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan dan dipikirkan kepada orang lain. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dengan penyesuain diri, perilaku asertif dengan penyesuaian diri dan kematangan emosi dan perilaku asertif dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN 2 Kota Kediri berjumlah 315 siswa. Dengan sampel sebanyak 76 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simpel random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat ukur skala penyesuaian diri yang disusun dari teori Alexander A. Schneiders, skala kematangan emosi yang disusun dari teori Singh and Singh, dan skala perilaku asertif yang disusun dari teori Alberti and Emmons. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dan regresi berganda dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri, dengan hasil perhitungan product moment 0,000 < 0,05 dan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,634 > 0,222, maka Ha diterma dan Ho ditolak. 2) Terdapat hubungan yang positif antara perilaku asertif dengan penyesuaian diri, dengan hasil perhitungan product moment 0,000 < 0,05 dan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,913 > 0,222, maka Ha diterima dan Ho ditolak. 3) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kematangan emosi dan perilaku asertif dengan penyesuaian diri, dengan hasil perhitungan regresi berganda Sig. F Change 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien korelasi (R) secara simultan yaitu sebesar 0,919, berada pada tingkat korelasi sangat kuat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Melina Fitri Anggraeni |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 04:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 04:00 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11787 |
Actions (login required)
View Item |