PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA PEMBELAJARAN MATERI MENGAGUNGKAN ALLAH SWT DENGAN TUNDUK PADA PERINTAH-NYA KELAS VII SMPN 1 POGALAN

DARVIANI, DINDA DWI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA PEMBELAJARAN MATERI MENGAGUNGKAN ALLAH SWT DENGAN TUNDUK PADA PERINTAH-NYA KELAS VII SMPN 1 POGALAN. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
932126719_bab1.pdf

Download (199kB)
[img] Text
932126719_bab2.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932126719_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
932126719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932126719_bab5.pdf

Download (105kB)
[img] Text
932126719_daftarpustaka.pdf

Download (154kB)
[img] Text
932126719_prabab.pdf

Download (538kB)
[img] Text
932126719_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK DINDA DWI DARVIANI. Dosen Pembimbing Dr. SALMA SUNAIYAH, S.Ag, M.Pd dan NURUL DWI LESTARI, M.Pd, Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) Pada Pembelajaran Materi Mengagungkan Allah SWT Dengan Tunduk Pada Perintah-Nya Kelas VII SMPN 1 Pogalan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Bahan Ajar, HOTS, pendidikan, peserta didik HOTS (Higher Order Thinking Skill) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Budaya melalui Departemen Umum GTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan lulusan. Perlunya pengembangan bahan ajar bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) ini sangat membantu peserta didik dalam kegiatan belajar-mengajar. Tujuan dari penelitian dan pengembangan tersebut yaitu mendeskripsikan pengembangan bahan ajar pada materi “Mengagungkan Allah Swt. dengan Tunduk pada Perintah-Nya Kelas VII SMPN 1 Pogalan”; serta mendeskripsikan kelayakan bahan ajar bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada materi “Mengagungkan Allah Swt. dengan Tunduk pada Perintah-Nya Kelas VII SMPN 1 Pogalan.” Penelitian ini menggunakan pendekatan (Research dan Development atau biasa juga disebut dengan R&D). Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Subjek penelitian pada pengembangan bahan ajar bermuatan HOTS (Higher Order Thinking) pada materi “Mengagungkan Allah Swt. dengan Tunduk pada Perintah-Nya” adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Pogalan. Uji coba produk kelompok besar dilakukan kepada subjek sejumlah 31 peserta didik kelas VII SMPN 1 Pogalan. Subjek penelitian terkait validasi produk dilakukan kepada ahli bahan ajar, ahli materi, dan ahli bahasa yaitu dosen atau pakar dalam bidangnya. Pada penelitian ini produk divalidasi kelayakan oleh ahli media yaitu Ibu Apriliyani Diah K, M.Pd selaku dosen di IAIN Kediri pada tanggal 1 Juni sampai 7 Juni 2023. Sedangkan validasi ahli materi dilakukan melalui Bapak Drs. Jausan yang merupakan guru PAI di SMPN 1 Pogalan pada 15 Juni 2023 dan validasi kepada ahli bahasa dilakukan melalui Ibu Elen Nurjanah, M.Pd pada tanggal 8 Juni 2023. Mengenai kelayakan bahan ajar pada penelitian dan pengembangan ini dengan melihat beberapa aspek diantaranya, pada validasi ahli media mendapat perolehan tingkat kelayakan dari validator media sebesar 96,9% yang berarti “sangat baik”. Sedangkan tingkat kelayakan dari validator materi sebesar 87,1% yang berarti “sangat baik”. Tingkat kelayakan dari validator bahasa sebesar 96% yang berarti “sangat baik”. Bahan ajar telah diuji cobakan kepada siswa untuk melihat respon siswa atau tingkat kemenarikan bahan ajar. Dalam hal ini nilai persentase uji coba dalam skala besar yaitu 78,9% dengan tingkat kevalidan “baik”. Nilai ini menunjukkan bahwa siswa termotivasi dan bersemangat dalam mempelajari materi bermuatan HOTS.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DINDA DWI DARVIANI
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:14
Last Modified: 29 Jan 2024 07:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11771

Actions (login required)

View Item View Item