Bunayya, Arvin Khoirul (2023) Analisis Hasil Kegiatan Musyawarah Dalam Meningkatkan Pengembangan Intelektual Pada Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932130519_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932130519_BAB I.pdf Download (208kB) |
|
Text
932130519_BAB II.pdf Download (256kB) |
|
Text
932130519_BAB III.pdf Download (159kB) |
|
Text
932130519_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
Text
932130519_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text
932130519_BAB VI.pdf Download (119kB) |
|
Text
932130519_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
Text
93213051_sp.pdf Download (266kB) |
Abstract
ABSTRAK Arvin Khoirul Bunayya Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag. dan M. Royyan Nafis Fathul Wahab, M.Ag. Analisis Kegiatan Musyawarah Dalam Meningkatkan Pengembangan Intelektual Pada Santri Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: musyawarah, pengembangan intelektual,Pondok Pesantren Di era modern saat ini dunia pendidikan sedang berlomba lomba agar mendapatkan suatu sistem pembelajaran yang dapat mencetak peserta didik sebagai pelajar yang sukses dalam berkontribusi terhadap negara dan masyarakat, salah satunya yaitu meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik atau pengembangan intelektual dalam memecahkan suatu masalah. Dalam dunia pendidikan terdapat banyak sistem pembelajaran dan strategi pembelajaran yang dapat di gunakan dalam mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik atau pengembangan intelektual peserta didik salah satunya melalui metode pembelajaran ala pesantren yaitu musyawarah. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk eksplorasi sistem kegiatan musyawarah di Pondok Pesantren Haji Ya’qub. (2) Untuk eksplorasi hasil peningkatkan pengembangan intelektual pada santri Pondok Pesantren haji ya’qub melalui kegiatan musyawarah Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif, yaitu data yang di peroleh langsung melalui penelitian lapangan dengan mengamati perubahan yang di alami dalam lingkungan sekitar dan dampak yang di peroleh dari fokus penelitian. Penelitian ini di lakukan di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri, yang kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data, mengolah data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat mengambil sebuah kesimpulan : (1) Dalam pelaksanaan kegaiatn musyawarah dilaksanakan dengan menggunakan waktu istiwa, di mulai dari jam 16.00 sampai jam 18.00 WIS , dan hasil dari pengamatan peneliti ada lima tahapan, dengan tahapan yang pertama lalaran, pembagian kholaqoh, keroisan musyawarah, dan kesimpulan musyawarah. (2) Hasil yang di peroleh santri dalam peningkatan pengembangan intelktual melalui metode musyawarah Santri dapat memecahkan masalah dengan menggunakan pola berpikir dan argumentasi yang berbasis intelektual ketika bermusyawarah
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | arvin khoirul bunayya |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 06:46 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 06:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11610 |
Actions (login required)
View Item |