Jual Beli Follower Pada Media Sosial TikTok Dalam Prespektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Kabupaten Sidoarjo)

Ulum, Muhamad Miftahul (2023) Jual Beli Follower Pada Media Sosial TikTok Dalam Prespektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Kabupaten Sidoarjo). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931212417_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931212417_BAB I.pdf

Download (486kB)
[img] Text
931212417_BAB II.pdf

Download (548kB)
[img] Text
931212417_BAB III.pdf

Download (207kB)
[img] Text
931212417_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
931212417_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text
931212417_BAB VI.pdf

Download (366kB)
[img] Text
931212417_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
931212417_persetujuan publikasi.pdf

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMAD MIFTAHUL ULUM, Jual Beli Follower Pada Media Sosial TikTok Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Kabupaten Sidoarjo), Dosen pembimbing Dr. Muhammad Muhaimin, M.Ag. dan Dosen pembimbing II Niwari, SS.,MA. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Tinjauan Hukum Islam Jual Beli Followe Sosial Media Tiktok Dalam perkembangan jual beli online yang sangat memiliki berbagai macam jenisnya, terbukti sekarang sudah banyak jual beli online. Melianial sekarang ini banyak orang yang menggunakan jasa jual beli online, jual beli online mempermudah cara penjual mauapun cara pembelinnya. Konsumen tidak harus datang ke tempat penjual barang tersebut, akan tetapi melalui sosisal media kita bisa membeli barang apa yang kita perlukan. Saat ini jualbeli online tidak hanya terbatas oleh barang keperluan sehari-hari. Salah satu jual beli online yakni jual beli follower, dalam penelitian ini ada bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktek jual belinya dan bagaimana tinjaun hukum islamnya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Karena metode ketiga ini merupakan satu rangkaian guna memper oleh data penelitian. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa jual beli follower pada media sosial TikTok adalah jual beli online dengan transaksi tidak harus bertemu anatara penjual dan pembeli dan transaksinya liwat transfer rekening bank atau dengan pembayran digital lainya. Praktek jual beli follower sosial media TikTok diwilayah Sidoarjo hukumnya akad yang dilakukan tidaklah sah karena merupakan jual beli yang dilarang. Karena tidak memiliki syarat-syarat dalam jual beli seperti status kepemilikan objek dari penjual, maka jual beli follower termasuk jual beli yang bathil. Dan tidak ada kejelasan dalam objek tersebut dan juga status objek tersebut bukan dari pemilik penjual karena menjual objek tanpa sepengetahuan pemilik, jual beli ini lebih banyak mendatangkan mudharat dari pada manfaat. Jual beli ini tetap ada manfaatnya namun bersifat fiktif, bahkan dapat menimbulkan penipuan yang dapat dirugikan masyarakat dan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: MUHAMAD MIFTAHUL ULUM
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:28
Last Modified: 17 Jan 2024 06:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item