Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Ringan di SDN Bandar Kidul 2 Kediri

Laily, Dhesy Noer (2023) Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Ringan di SDN Bandar Kidul 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933401516_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933401516_bab1.pdf

Download (420kB)
[img] Text
933401516_bab2.pdf

Download (431kB)
[img] Text
933401516_bab3.pdf

Download (300kB)
[img] Text
933401516_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
933401516_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
933401516_bab6.pdf

Download (165kB)
[img] Text
933401516_daftarpustaka.pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen kasus tunggal (single-case experimental design). Intervensi dilakukan selama 5 kali pertemuan dengan dua kali sesi, yaitu sesi pertama materi penjumlahan dan sesi kedua materi pengurangan. Pada fase biseline (A1) 1 kali pertemuan, fase intervensi atau perlakuan 3 kali pertemuan, dan fase pasca intervensi (A2) 1 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan yang berinisial ASN. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan ular tangga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa tunagrahita kategori ringan di SDN Bandar Kidul 2 Kediri. Hal ini ditunjukkan dari skor kemampuan berhitung setelah diberikan intervensi melalui media permainan ular tangga yaitu pada fase pasca intervensi (A2) lebih tinggi daripada skor kemampuan berhitung sebelum diberikan intervensi yaitu pada fase baseline (A1). Peningkatan kemampuan berhitung materi penjumlahan subjek ASN yaitu, pada fase baseline (A1) memperoleh skor 2 atau 20% dan pada fase pasca intervensi memperoleh skor 8 atau 80%. Sedangkan peningkatan kemampuan berhitung materi pengurangan subjek ASN yaitu, pada fase baseline (A1) memperoleh skor 1 atau 10% dan pada fase pasca intervensi memperoleh skor 8 atau 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: DHESY NOER LAILY
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:28
Last Modified: 15 Jan 2024 06:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11570

Actions (login required)

View Item View Item