Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Sosial (Studi Kasus Pada Konveksi Hijab Mahima Di Desa Gading Kecamatan Perak Kabupaten Jombang)

Royani, Fahmi (2023) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Sosial (Studi Kasus Pada Konveksi Hijab Mahima Di Desa Gading Kecamatan Perak Kabupaten Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931318318_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931318318_bab1.pdf

Download (340kB)
[img] Text
931318318_bab2.pdf

Download (210kB)
[img] Text
931318318_bab3.pdf

Download (111kB)
[img] Text
931318318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
931318318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
931318318_bab6.pdf

Download (86kB)
[img] Text
931318318_daftarpustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
931318318_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK FAHMI ROYANI, 2023. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Sosial (Studi Kasus Pada Konveksi Hijab Mahima Di Desa Gading Kecamatan Perak Kabupaten Jombang). Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Dosen Pembimbing (1) Bapak M. Soleh Mauludin, SE, M.S.I (2) Ibu Ririn Tri Puspita Ningrum, M.S.I. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Penjualan, Media Sosial, Hijab Skripsi ini merupakan suatu kajian ilmiah yang membahas tentang strategi pemasaran Konveksi Hijab Mahima Jombang dalam meningkatkan penjualan di masa pandemi covid-19 melalui media sosial. Penelitian ini memiliki tujuan guna menjawab pertanyaan bagaimana strategi pemasaran Konveksi Hijab Mahima dalam meningkatkan penjualan di masa pandemi Covid-19 melalui media sosial, kemudian apa saja kendala yang dialami dan bagaimana solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian ini memakai pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilaksanakan dengan pemilik usaha, karyawan, dan konsumen dari Konveksi Hijab Mahima. Peneliti juga melaksanakan pengecekan keabsahan data diantara lain keikutsertaan peneliti, penentuan pengamatan dalam observasi dan triangulasi. Tahap terakhir yakni tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap analisa dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan jika (1) strategi pemasaran Konveksi Hijab Mahima dalam meningkatkan penjualan di masa pandemi Covid-19 melalui media sosial dilakukan dengan menentukan posisi pasar (positioning), pasar sasaran (targeting) serta melalui bauran pemasaran atau marketing mix. (2) Kendala yang dialami oleh Konveksi Hijab Mahima yakni Kendala internal: Pertama, kurangnya kemampuan dalam bidang editing dalam penggunaan media sosial. Kedua, kurangnya strategi promosi, karena hanya fokus ke Whatsapp dan Instagram saja. Kendala eksternal: Pertama, meningkatnya harga kebutuhan jahit. Kedua, banyaknya pesaing baru. (3) Solusi Konveksi Hijab Mahima dalam mengatasi kendala internal adalah dengan belajar secara otodidak melalui media YouTube dan untuk mengatasi kurangnya strategi promosi di media sosial seperti Instagram dan WhatsApp seperti menggunakan media cetak untuk memperluas wilayah pemasaran. Selanjutnya untuk mengatasi kendala eksternal yaitu dengan membeli kain atau bahan untuk menjahit di toko yang lebih murah dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: FAHMI ROYANI
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:28
Last Modified: 12 Jan 2024 07:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11554

Actions (login required)

View Item View Item