PENGARUH TINGKAT EFIKASI DIRI TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM MENGHADAPI UJIAN PADA MASA PANDEMI DI SDN GROGOL 2 DESA GROGOL KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI

Ipoh, Hana Agassi (2023) PENGARUH TINGKAT EFIKASI DIRI TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM MENGHADAPI UJIAN PADA MASA PANDEMI DI SDN GROGOL 2 DESA GROGOL KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
933406117_bab1.pdf

Download (546kB)
[img] Text
933406117_bab2.pdf

Download (542kB)
[img] Text
933406117_bab3.pdf

Download (335kB)
[img] Text
933406117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
933406117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
933406117_bab6.pdf

Download (309kB)
[img] Text
933406117_daftarpustaka.pdf

Download (309kB)
[img] Text
933406117_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
933406117_prabab.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hana Agassi Ipoh. 2022. Pengaruh Tingkat Kedisiplinan Belajar Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas IV dalam Menghadapi Pada Masa Pandemi Ujian di SDN Grogol 2 Desa Grogol Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri.. Skripsi. Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing, Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi. Yuli Darwati, M.Si. Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Efikasi Diri Kedisiplinan belajar adalah upaya pengendalian diri dan sikap individu untuk mengubah suatu perilaku dari sebelumnya dengan cara latihan atau pengalaman, menaati peraturan, menaati nilai, taat pada hukum dengan berusaha melakukan yang terbaik meskipun diri enggan untuk melakukanya. Efikasi diri adalah aspek penting di dalam kedisiplinan belajar. Siswa yang mempunyai kedisiplinan belajar yang tinggi membuat keyakinan siswa meningkat. Masalah yang ditemukan di SDN Grogol II adalah kedisiplinan belajar anak yang baik namun tingkat efikasi diri yang rendah. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui seberapa tinggi kedisiplinan belajar, mengetahui seberapa tinggi efikasi diri, dan mengetahui apakah ada pengaruh antara disiplin belajar dengan efikasi diri dalam menghadapi ujian sekolah pada siswa kelas 4 di SDN GROGOL II. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh siswa SD kelas IV di SDN Grogol II yaitu 60 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi. Metode pengumpulan data adalah dengan menyebar angket. Istrumen penelitian menggunakan skala kedisiplinan dari Tulus Tu’u dan skala efikasi diri dari Bandura. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan menggunakan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh dan analisis koefisien determinasi untuk mengetahui hubungan kedua variabel. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa tingkat kedisiplinan dalam kategori sedang yaitu 31,67% dengan nilai mean 48,88 dan tingkat efikasi diri didapatkan hasil dalam kategori sedang 33,33% dengan nilai mean 110,95. Sedangkan untuk nilai koefisien regresi linier sederhana bernilai positif yaitu 1,805. Nilai uji korelasi/ hubungan (R) yaitu sebesar 0,439. Koefisien determinasi (R square) sebesar 0,814 artinya pengaruh variabel bebas (Kedisiplinan) terhadap variabel terikat (Efikasi diri) adalah sebesar 81,4%. Sedangkan sisanya 18,6 dpengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: HANA AGASSI IPOH
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:25
Last Modified: 11 Jan 2024 07:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11533

Actions (login required)

View Item View Item