Efektivitas Penerapan Metode Puzzle Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mengaji Al-Qur'an Di TPQ Nurul Iman Plumpungrejo Kabupaten Kediri

Jannah, Vivi Roudhotul (2024) Efektivitas Penerapan Metode Puzzle Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mengaji Al-Qur'an Di TPQ Nurul Iman Plumpungrejo Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933429918_prabab.pdf

Download (586kB)
[img] Text
933429918_bab1.pdf

Download (185kB)
[img] Text
933429918-bab2.pdf

Download (472kB)
[img] Text
933429918_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
933429918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
933429918_bab5.pdf

Download (153kB)
[img] Text
933429918_daftar_pustaka.pdf

Download (170kB)

Abstract

Murid tanpa motivasi dalam belajar maka hasil yang dicapai tidak akan maksimal. Seiring berjalannya proses pembelajaran penerapan Yanbu’a di TPQ Nurul Iman Plumpungrejo Kabupaten Kediri, murid harus paham terhadap materi yang diajarkan dalam pedoman Yanbu’a, supaya lebih mudah dalam membaca Al-Qur’an dengan tepat dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode puzzle terhadap motivasi belajar mengaji murid TPQ Nurul Iman Plumpungrejo kabupaten Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model kuasi eksperimen one group pretest posttest. Rata-rata pretest pada penelitian ini adalah 9,6800 dan rata-rata posttest adalah 21,4400. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling pada 50 murid dengan kriteria memiliki motivasi belajar rendah atau kurang. Analisis data penelitian ini menggunakan uji homogenitas, dependent Wilcoxon, dan uji N-gain score. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penerapan metode puzzle terhadap peningkatan motivasi belajar mengaji AlQur’an di TPQ Nurul Iman Plumpungrejo Kabupaten Kediri dengan Signifikansi yang bernilai 0,000, dikarenakan nilai 0,000 < 0,05. Terdistribusi homogen dengan nilai signifikansi 0,08 artinya hasilnya menunjukkan tingkat signifikan > 0,05, sedangkan terkait efektivitas penerapan metode puzzle untuk meningkatkan motivasi belajar diperoleh nilai signifikansi 0,6 dengan taraf pengambilan keputusan N-gain score yang

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: VIVI ROUDHOTUL JANNAH
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:40
Last Modified: 16 Jan 2024 04:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11426

Actions (login required)

View Item View Item