Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Materi Ibadah Haji Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 2 Nganjuk

Wahyuni, Dwi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Materi Ibadah Haji Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 2 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932137519_PraBab.pdf

Download (5MB)
[img] Text
932137519_BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
932137519_BAB 2.pdf

Download (7MB)
[img] Text
932137519_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
932137519_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
932137519_BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932137519_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (775kB)
[img] Text
932137519_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img]
Preview
Image
IMG-20231228-WA0068.jpg

Download (53kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Media Pembelajaran, diorama, ibadah haji, hasil belajar Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran fikih sangat dibutuhkan. Dengan adanya media peserta didik dapat lebih memahami materi yang disampaikan. Untuk itulah dikembangkan media diorama, yaitu media yang berbentuk tiga dimensi dan dapat dilihat dari segala arah sehingga dapat memvisualisakan kepada siswa tentang materi haji. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media diorama. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V MIN 2 Nganjuk. Hasil penelitian ini berupa media diorama pada pembelajaran fikih materi haji di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah yang valid dan praktis Validasi dilakukan oleh validator media dan validator pembelajaran. Dari hasil validator media memperoleh rerata skor total sebesar 74,3% (kriteria baik). Sedangkan Validasi pembelajaran memperoleh rerata skor yang mencapai 91,7% dan termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian uji coba media diorama oleh peserta didik memperoleh jumlah skor keseluruhan 508 Respon siswa terhadap indikator penilaian yang ada memperoleh rerata skor total mencapai 91,54% dan termasuk ke dalam kriteria “Sangat layak”. Sedangkan untuk hasil penilaian guru pembelajaran mata pelajaran fikih terhadap media diorama memperoleh jumlah skor 12 dan rata-rata 5,0 yang berarti masuk kedalam kategori “sangat praktis”. Hal ini dibuktikan dari nilai hasil pre test yang mengalami peningkatan mencapai 89% yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DWI WAHYUNI
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:04
Last Modified: 28 Dec 2023 08:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11399

Actions (login required)

View Item View Item