Pengembangan Media Flash Card Pada Materi Bangun Ruang Di Madrasah Ibtidaiyah Roudotut Tholabah Kabupaten Kediri

Ramadhani, One Reza Amalia (2023) Pengembangan Media Flash Card Pada Materi Bangun Ruang Di Madrasah Ibtidaiyah Roudotut Tholabah Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932609819_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932609819_bab1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
932609819_bab2.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932609819_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
932609819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932609819_bab5.pdf

Download (454kB)
[img] Text
932609819_daftarpustaka.pdf

Download (334kB)
[img] Text
932609819_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ramadhani, One Reza Amalia, Dosen pembimbing Ilman Nafi’an dan Khainudin,. Pengembangan Media Flash Card Pada Materi Bangun Ruang Di Madrasah Ibtidaiyah Roudotut Tholabah Kabupaten Kediri. Skripsi, Pendidikana Guru Madrasah Ibtidaiyah. Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari pengembangan media flashacard pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang di MI Roudlotut Tholabah. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena pada kondisi di lapangan tentang pengembangan media masih sangat minim maka dari itu perlunya ada pengembangan media yang dilakukan agar mempermudah proses pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar siswa yang lebih menyenangkan. Penelitian ini melibatkan 27 peserta didik kelas V-C MI Roudlotut Tholabah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and evaluate). Instrument yang digunalakan dalam penelitian ini mencakup wawancara, dokumentasi, observasi, dan juga angket ahli materi, angket ahli media, dan angket respon peserta didik. hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil validasi 2 ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan layak digunakan dengan rata-rata skor 3,61 dan 3,11 dari rentang skor 3,25 ≤ ̅ ≤ 4,00 dan 2,5 ≤ ̅ < 3,25. Sedangkan hasil validasi dari 2 ahli materi menunjukkan bahwa layak digunakan dalam pembelajaran, nilai rata-rata skor yang didapat yakni 3 dan 3,71 drngan rentang skor 2,5 ≤ ̅ < 3,25 dan 3,25 ≤ ̅ ≤ 4,00. (2) Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa media layak digunakan untuk pembelajaran dan memiliki rata-rata skor 3,26 dengan rentang skor 3,25 ≤ ̅ ≤ 4,00. Sedangkan hasil uji coba lapangan operasional menunjukkan bahwa media pembelajaran layak digunakan untuk pembelajaran dengan rata-rata skor 3,62 dengan rentang skor 3,25 ≤ ̅ ≤ 4,00. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pengembangan Media, Hasil Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ine rexa Amalia Ramadhani
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:15
Last Modified: 28 Dec 2023 06:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11397

Actions (login required)

View Item View Item