Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Toko Sembako Ditinjau Dari Syariah Marketing (Studi di Toko Pak Huri Ngadiluwih Kabupaten Kediri)

Winalda, Zinella Helganatsya (2023) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Toko Sembako Ditinjau Dari Syariah Marketing (Studi di Toko Pak Huri Ngadiluwih Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934126119_prabab.pdf

Download (542kB)
[img] Text
934126119_bab1.pdf

Download (449kB)
[img] Text
934126119_bab2.pdf

Download (372kB)
[img] Text
934126119_bab3.pdf

Download (99kB)
[img] Text
934126119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
9341266119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
934126119_bab6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
934126119_daftarpustaka.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Lembar pernyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (166kB)

Abstract

Winalda, Zinella Helganatsya. 2023. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Toko Sembako Ditinjau Dari Syariah Marketing (Studi di Toko Pak Huri Ngadiluwih Kabupaten Kediri). Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Achmad Munif, S.E, M.M (2) Oktaria Ardika Putri, S.Si, M.M Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan, Toko Sembako, Syariah Marketing Setiap bisnis yang dilakukan masyarakat tentu memerlukan pemasaran yang tepat untuk mampu berdaya saing. Strategi pemasaran memiliki peran vital dan strategis dalam membangun kepercayaan serta menarik minat konsumen. Selain itu, pemasaran juga dapat meningkatkan pendapatan suatu usaha. Salah satu usaha yang menggunakan strategi pemasaran yang dipilih peneliti yakni Toko Pak Huri yang terletak di Desa Purwokerto, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Toko Pak Huri memiliki beberapa strategi pemasaran yang telah terbukti dapat meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Toko Pak Huri dalam meningkatkan penjualan yang ditinjau dari syariah marketing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui sumber primer dan sekunder. Dengan metode pengumpulan data melalui observasi pada lembaga, dokumentasi data, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Toko Pak Huri menerapkan strategi bauran pemasaran dalam kegiatan bisnisnya. Pertama place dengan tempat yang luas, dan strategis. Kedua price melalui harga grosir dan eceran yang hanya tersedia di Toko Pak Huri di wilayah sekitar. Ketiga product yang menjual berbagai macam kebutuhan bahan pokok dengan memberikan pelayanan yang ramah serta pengambilan keuntungan yang sedikit. Selain itu adanya pembagian jam operasional toko. Keempat promotion dengan pemasaran yang berjalan sendiri melalui mulut ke mulut dan bantuan karyawan. Dari tinjauan syariah marketing pada Toko Pak Huri meliputi, pertama nilai teistis melalui Toko Pak Huri memberikan pelayanan yang baik sebagai ciri umat muslim dan mengucapkan terimakasih sebagai wujud syukur pada Allah SWT. Kedua nilai etis melalui pelayanan yang ramah. Ketiga nilai realistis dengan mengikuti perkembangan zaman seperti melayani pesanan barang dari aplikasi. Selain itu Toko Pak Huri juga berusaha memenuhi ekspektasi pembeli terhadap pelayanan yang diberikan. Hal ini sebagai realita atau kenyataan yang ada dalam pelayanan toko. Keempat nilai humanistis, Toko Pak Huri setiap tahunnya melakukan pembayaran zakat maal, memiliki kotak infak dan melakukan sedekah kepada warga sekitar yang memutuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Zinella Helganatsya Winalda
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:27
Last Modified: 05 Jan 2024 06:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11365

Actions (login required)

View Item View Item