Pengembangan Media Magic Door Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri

Furqoniyah, Salimah (2023) Pengembangan Media Magic Door Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932611319_prabab.pdf

Download (631kB)
[img] Text
932611319_bab1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
932611319_bab2.pdf

Download (233kB)
[img] Text
932611319_bab3.pdf

Download (283kB)
[img] Text
932611319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932611319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
932611319_daftarpustaka.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932611319_daftarpustaka.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932611319_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Salimah Furqoniyah, Dosen Pembimbing Dewi Agus Triani dan Maimunatun Habibah. Pengembangan Media Magic Door untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2023. Kata Kunci: Pengembangan Media, Keterampilan Menulis, Karangan Narasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik dalam mengarang, membuat cerita secara kronologis, dan menggunakan ejaan masih sangat kurang. Hal ini ditunjukkan dengan ketercapaian KKM dari 21 peserta didik yang tergolong rendah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan desain, menguji kelayakan dan keefektivitasan media Magic Door pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas V SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri. Penelitian ini melibatkan 6 peserta didik sebagai subjek uji coba skala kecil dan 21 peserta didik sebagai subjek uji coba skala besar. Jenis penelitian dan pengembangan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrument dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, angket penilaian ahli media dan materi, angket respon pendidik dan peserta didik, serta pretest dan posttest. Pengembangan media Magic Door dikategorikan sangat layak didasarkan pada (1) hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 86,87%, sedangkan hasil validasi ahli materi menunjukkan nilai dengan rata-rata sebesar 85% (2) hasil respon pendidik menunjukkan kriteria sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan skor rata-rata 85%, hasil respon peserta didik dalam skala kecil menunjukkan skor rata-rata sebesar 84,5% dengan kategori sangat layak dan hasil respon peserta didik skala besar menunjukkan bahwa media pembelajaran sangat layak digunakan dengan memperoleh rata-rata sebesar 86,42% (3) hasil Analisa statistika uji T-test of Realated menggunakan SPSS 26 for windows menghasilkan thitung 7,045 dan ttabel adalah 2,080 yang artinya thitung > ttabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media Magic Door di SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SALIMAH FURQONIYAH
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:28
Last Modified: 22 Dec 2023 06:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11339

Actions (login required)

View Item View Item