Pendidikan Spiritual Akhlak Tasawuf dalam Perspektif KH. Djamaluddin Ahmad Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muhibbin Tambakberas Jombang

Rosyidah, Fifi (2023) Pendidikan Spiritual Akhlak Tasawuf dalam Perspektif KH. Djamaluddin Ahmad Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muhibbin Tambakberas Jombang. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21501021_prabab.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (1MB)
[img] Text
21501021_bab1.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (472kB)
[img] Text
21501021_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (375kB)
[img] Text
21501021_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (587kB)
[img] Text
21501021_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (1MB)
[img] Text
21501021_bab5.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (421kB)
[img] Text
21501021_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only until December 2024.

Download (429kB)

Abstract

Pendidikan Islam yang ideal bersifat transenden dan integral, tidak memisahkan antara alam fisik dan alam metafisik, karena keduanya saling bergantung satu sama lain. Adanya gejala sosial dampak modernisasi, maka diperlukan aktor-aktor spiritual untuk mentransfer dan menerjemahkan bahasa pendidikan agama ke dalam bahasa kehidupan masyarakat. Aktor tersebut dalam Islam disebut sebagai ulama, kyai, mubaligh atau juru da’wah (da’i). Peran seorang kyai tak lain adalah melakukan pendidikan spiritual sebagai bentuk proses pemahaman nilai-nilai spiritual Islam kepada masyarakat. Salah satu contoh kyai yang menjunjung tinggi Pendidikan Spiritual Akhlak Tasawuf adalah KH. Djamaluddin Ahmad yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Bumi Damai Al-Muhibbin, Tambakberas Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pendidikan Spiritual Akhlak Tasawuf mencakup komponen tujuan, materi, serta metode Pendidikan Spiritual Akhlak Tasawuf yang diajarkan KH. Djamaluddin Ahmad. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data pustaka yaitu dengan mengumpulkan tulisan yang membahas mulai dari pemikiran, metodologi, pemahaman, juga kajian-kajian tentang konsep Pendidikan Spiritual Akhlak Tasawuf KH. Dajamaluddin Ahmad. Data yang terkumpul dalam penelitian selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis isi untuk menemukan karakteristik pesan yang dilakukan secara objektif dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemikiran KH. Djamaluddin Ahmad mengenai Pendidikan Spiritual Akhlak Tasawuf berkaitan dengan pengamalan tasawuf yang bertujuan untuk pendekatan diri kepada Allah, tidak cukup dengan membaca dan mendengarkan saja, kehadiran sang guru pembimbing mutlak diperlukan. Materi yang beliau bawa menjelaskan mengenai tahapan-tahapan menuju Allah yaitu taubat, qana’ah, zuhud, menuntut ilmu syari’at, menjaga sunnah dan adab, tawakkal, ikhlas, uzlah dan menjaga waktu. Metode yang digunakan dengan Transformasi Tasawuf melalui pengajian majelis taklim, salah satu pengajian yang dinaungi langsung oleh Yai Djamal adalah Pengajian Kitab al-Hikam karya Ibnu Atha’illah al-Sakandari.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030202 Sufism (Tasawuf)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fifi Rosyidah
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:09
Last Modified: 27 Dec 2023 03:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11296

Actions (login required)

View Item View Item