ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN KEPERCAYAAN NASABAH (Studi di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri)

INTANESIA, INDAH CAHYA (2023) ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN KEPERCAYAAN NASABAH (Studi di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
931415918_bab1.pdf

Download (649kB)
[img] Text
931415918_bab2.pdf

Download (576kB)
[img] Text
931415918_bab3.pdf

Download (321kB)
[img] Text
931415918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
931415918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
931415918_bab6.pdf

Download (307kB)
[img] Text
931415918_daftarpustaka.pdf

Download (401kB)
[img] Text
931415918_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
931415918_prabab.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK INDAH CAHYA INTANESIA, 2023. Analisis Strategi Public Relations dalam Mempertahankan Kepercayaan Nasabah (Studi di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri), Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing: Dr. Andriani, SE, MM dan Sri Hariyanti, SHI, MM: Kata Kunci: Strategi Public Relations, Peran Strategi Public Relations, Kepercayaan Nasabah Skripsi ini di latar belakangi oleh sejumlah perusahaan asuransi di Indonesia menemui collapse dan gagal bayar yang bermula dari PT. Asuransi Jiwasraya (persero) dengan indikasi kerugian negara senilai 13,7 Triliun di tahun 2019 mengejutkan publik, berita miring mengenai industri asuransi ternyata berdampak pada perusahaan-perusahaan asuransi yang menyandang status syariah karena dianggap akan sama seperti konvensional, hal ini berimbas pada kepercayaan nasabah terhadap keinginan dalam memakai produk asuransi syariah, khususnya di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera sehingga perlu diadakannya penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) strategi public relations PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri dalam mempertahankan kepercayaan nasabah; (2) peran strategi public relations PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri dalam mempertahankan kepercayaan nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan pihak terkait seperti kepala cabang, karyawan serta nasabah PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri. Sedangkan dokumentasi didapatkan peneliti dari PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi public relations yang digunakan PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Kediri untuk mempertahankan kepercayaan nasabah meliputi: (1) mendefinisikan masalah; (2) perencanaan dan penyusunan program; (3) melakukan tindakan dan berkomunikasi; (4) evaluasi program; (5) melakukan permohonan maaf kepada nasabah; (6) menghentikan pemasaran produk asuransi sampai masalah selesai (7) mendorong track record positif perusahaan; (8) menunjuk unofficial spoke person. Oleh karena itu, strategi public relations dapat disimpulkan sudah berjalan efektif. Peran strategi public relations telah melalui semua tahap kepercayaan mulai dari tahapan kemampuan, kebaikan hati, serta integritas yang memperhatikan: (1) dikelolanya dana menggunakan prinsip syariah; (2) alokasi dana tabarru’; (3) melakukan permohonan maaf; (4) tidak berlakunya sistem dana hangus; (5) transparansi pengelolaan dana pemegang polis; (6) mengajukan Dokumen Rencana Penyehatan Keuangan Perusahaan (RPKP) kepada OJK; (7) pembentukan BPA (Badan Perwakilan Anggota). Oleh karena itu, peran strategi public relations telah memenuhi seluruh indikator serta dapat disimpulkan mampu dalam berperan menangani kepercayaan dan mempertahankan 96% atau 2.104 nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Indah Cahya Intanesia
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:07
Last Modified: 19 Dec 2023 06:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11292

Actions (login required)

View Item View Item