Anwar, Zainal (2023) Pelaksaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Pagu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932128016_prabab.pdf Download (749kB) |
|
Text
932128016_bab1.pdf Download (227kB) |
|
Text
932128016_bab2.pdf Download (254kB) |
|
Text
932128016_bab3.pdf Download (151kB) |
|
Text
932128016_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text
932128016_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text
932128016_bab6.pdf Download (10kB) |
|
Text
932128016_daftarpustaka.pdf Download (76kB) |
|
Text
932128016_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (20).pdf Download (53kB) |
Abstract
ABSTRAK ZAINAL ANWAR, 2023. Dosen Pembimbing Ninik Zuroidah, M.Si. dan Dosen Pembimbing Eka Sulistyawati, M.Pd. Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pagu, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Kata Kunci: Evaluasi, Pembelajaran PAI Evaluasi pembelajaran adalah proses sistematik untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pembelajaran telah dicapai oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini yaitu di SMP Negeri 1 Pagu. SMP Negeri 1 Pagu terletak di Jl. Pagu-Bungkal 71, Desa Pagu, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung kepada guru PAI di SMP Negeri 1 Pagu. Waka Kurikulum dan beberapa murid di SMP Negeri 1 Pagu. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat tahapan evaluasi, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengolahan data dan pelaporan. Proses perencanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI meliputi tujuan, aspek-aspek yang dinilai, metode, bentuk, serta menyiapkan instrumen evaluasi lengkap dengan kisi-kisi soal evaluasi yang digunakan. Dalam pelaksanaan evaluasi yang dilakukan memperhatikan 3 aspek penilaian yaitu aspek pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotor). Pada hasil pengelolahan data. Ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam pengelolahan hasil evaluasi berupa pensekoran dan pemberian nlai. Sedangkan pelaporan evaluasi dilakukan dengan berbagai macam. untuk tugas nilai harian langsung dibagikan kepada peserta didik. Sedangkan pada PTS terdapat rapor sisipan yang diberikan ke peserta didik. Selanjutnya untuk PAS dan PAT, pihak sekolah mengundang orang tua atau wali murid untuk menerima rapor hasil belajar selama satu semester dan hasil belajar selama satu tahun. Faktor pendukung pelaksanaan evaluasi yaitu adanya kemajuan teknologi yang memudahkan ketika input dan proses data nilai peserta didik menggunakan aplikasi Microsoft excel. Selain itu, semua guru PAI di SMPN 1 Pagu sudah lulus minimal S1 pendidikan, sehingga memiliki kemampuan dan kompetensi yang mumpuni dalam melaksanakan penilaian. Sedangkan pada faktor penghambat dalam pelaksanaaan evaluasi pembelajaran yaitu keterbatasan waktu dalam menilai sikap siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zainal Anwar |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 07:07 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 07:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11284 |
Actions (login required)
View Item |