Pengembangan Media Pembelajaran Papeda Matematika (Papan Pecahan Sederhana Matematika) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pecahan Kelas III MI Agama Islam Ngronggot

Arini, Puput Fatma (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Papeda Matematika (Papan Pecahan Sederhana Matematika) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pecahan Kelas III MI Agama Islam Ngronggot. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932603919_prabab.pdf

Download (407kB)
[img] Text
932603919_bab1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
932603919_bab2.pdf

Download (492kB)
[img] Text
932603919_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
932603919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
932603919_bab5.pdf

Download (63kB)
[img] Text
932603919_daftar_pustaka.pdf

Download (454kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (133kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kelayakan pengunaan media pembelajaran PAPEDA Matematika (Papan Pecahan Sederhana Matematika) dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran pecahan kelas III MI Agama Islam Ngronggot; (2) untuk mengetahui efektifitas pengunaan media pembelajaran PAPEDA Matematika (Papan Pecahan Sederhana Matematika) dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran pecahan kelas III MI Agama Islam Ngronggot.Untuk mencapai tujuan tersebut, jenis penelitian yang digunakan peneliti ialah Research and Development (RnD). Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini mengacu pada Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan observasi. Data ini dianalisis melalui cara analisis tingkat kevalidan produk serta analisis data uji coba menggunakanuji Wilcoxon Signed Ranks Test.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini ialah PEPEDA Matematika (papan pecahan sederhana matematika); (2) hasil uji coba media PEPEDA Matematika memiliki tingkat kevalidan dan kemenarikan yang tinggi; (3) hasil perhitungan perbedaan kelas pre-eksperimen dan post-ekperimen menggunakan uji wilcoxon signed-test memperoleh hasil output diketahui bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dapat dikatakan bahwa adanya perbedaan keaktifan belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran PAPEDA Matematika. Sehingga menunjukkan hasil bahwa keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah penggunaan media pembelajaran PAPEDA Matematika pada materi pecahan kelas III MI Agama Islam Ngronggot.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010206 Operations Research (Operasi pencarian)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: PUPUT FATMA ARINI
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:40
Last Modified: 18 Dec 2023 07:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11276

Actions (login required)

View Item View Item