Peran Rutinan Pengajian Gus Lik (Dauglas Thoha Yahya) Terhadap Perkembangan Religius Masyarakat Kelurahan Singonegaran Kota Kediri

Prayogi, Abdul qolik (2023) Peran Rutinan Pengajian Gus Lik (Dauglas Thoha Yahya) Terhadap Perkembangan Religius Masyarakat Kelurahan Singonegaran Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932139619_Prabab.pdf

Download (975kB)
[img] Text
932139619_bab1.pdf

Download (520kB)
[img] Text
932139619_bab2.pdf

Download (462kB)
[img] Text
932139619_bab3.pdf

Download (450kB)
[img] Text
932139619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text
932139619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
932139619_bab6.pdf

Download (319kB)
[img] Text
932139619_Daftar_Pustaka.pdf

Download (434kB)
[img] Text
932139619_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
932139619_sp.pdf

Download (139kB)

Abstract

Menurut Glock dan Stark, religius merupakan sistem simbol, sistem keyakinan, sistem nilai dan sistem perilaku yang terlembagakan, yang semua itu berpusat pada persoalan-persoalan yang dihayati sebagai yang paling maknawi atau yang paling dihargai dan berarti bagi seseorang. Di dalam penelitian ini, penulis menggunakan tiga fokus penelitian, yaitu (1) Bagaimana peran pengajian Gus Lik terhadap perkembangan religius masyarakat kelurahan singonegaran?; (2) Apa faktor penghambat pengajian Gus Lik dalam mengembangkan religius masyarakat kelurahan singonegaran?; (3) Apa faktor pendukung pengajian Gus Lik dalam mengembangkan religius masyarakat kelurahan singonegaran?. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ditujukan pada jama’ah pengajian dan Gus Lik. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdapat tiga temua temuan penelitian di dalam penelitian ini yaitu : 1) Peran Pengajian Gus Lik Terhadap perkembangan Religius Masyarakat, dilihat dari segi perannya yaitu (a) sebagai wadah untuk membina dan mengembangkan kehidupan beragama yang ada dalam masyarakat; (b) sebagai taman rekreasi rohaniah karena penyelenggaraannya bersifat santai; (c) sebagai wadah silaturahmi; (d) sebagai sarana dialog berkesinambungan antara ulama dan umara dengan umat; (e) sebagai media penyampaian gagasan yang bermanfaat bagi pembangunan umat dan bangsa; 2) Perkembangan Religius Masyarakat, dapat lihat dari aspeknya yaitu; (a) dimensi iman;(b) dimensi Islam dengan melaksanakan ibadah sholat 5 waktu; (c) dimensi Ihsan dengan melakukan ibadah atau hal-hal yang berkaitan dengan Tuhannya; (d) dimensi Ilmu dengan melihat dari seberapa besar masyarakat dalam memahami dan mengimplementasikan ilmu-ilmu agama; (e) dimensi amal dengan membiasakan hal-hal baik dalam berperilaku; 3) Faktor Pendukung dalam rutinan pengajian ini yaitu keinginan masyarakat untuk menambah wawasan tentang ilmu agama serta menyambung tali silaturahmi antar masyarakat, respon masyarakat terhadap pengajian dan adanya sarana yang mendukung untuk berjalannya rutinan pengajia. Sedangkanfaktor Penghambat rutinan pengajian yaitu situasi dan kondisi masyarakat yang tidak menentu, keterbatasan akses, kesibukan pekerjaan yang berbeda, kurangnya kesadaran masyarakat,tingkat pemahaman yang berbeda serta adanya faktor internal dan eksternal dari masing-masing individu. Hal ini memperoleh hasil bahwa peran rutinan pengajian Gus Lik dapat mengembangkan sikap religius masyarakat kelurahan Singonegaran

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES (Ilmu Lingkungan) > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ABDUL QOLIK PRAYOGI
Date Deposited: 13 May 2024 07:34
Last Modified: 13 May 2024 07:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11264

Actions (login required)

View Item View Item